Satu Pasien Positif Korona Sembuh, Empat Membaik

2209
Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Satu pasien positif Covid-19 yang merupakan warga Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang dinyatakan sembuh usai menerima hasil lab kedua. Selain itu, empat warga berstatus positif Covid-19 kondisinya saat ini membaik.

Plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi, Senin (6/4/2020) saat ditemui membenarkan kabar bahagia ini. Pasien positif ini, kata Nanda, telah menerima hasil tes swab kedua yang menyatakan negatif.

Alhamdulillah kita bersyukur pada Allah SWT bahwa warga Kabupaten Magelang yang sebelumnya telah dinyatakan positif korona dan sebelumnya telah dirawat di RSUD Tidar Kota Magelang untuk hasil tes swab keduanya ini dinyatakan negatif. Sehingga dinyatakan clear, sembuh,” katanya.

Nanda menuturkan, untuk pasien tersebut masuk ke RSUD Tidar pada tanggal 11 Maret. Kemudian, kata Nanda, dinyatakan positif pada tanggal 15 Maret melalui tes swab. Lalu karena kondisinya membaik dan sehat, bisa diperbolehkan pulang pada tanggal 19 Maret dan melakukan isolasi mandiri secara ketat dalam pendampingan petugas kesehatan.

“Karena sudah diisolasi mandiri, kemudian hasil swab setelah isolasi mandiri pada tanggal 24 Maret itu negatif. Kemudian hasil swab kedua, keluar pada tanggal 29 Maret dinyatakan negatif. Dan hari ini (6/4/2020) pasien sebagai sebelumnya dinyatakan positif pasien korona dinyatakan clear atau sembuh,” imbuhnya.

Saat disinggung mengenai kondisi yang bersangkutan apakah akan tetap dipantau, Nanda memastikan untuk saat ini masih dipantau. Sesuai dengan arahan kesehatan, kata Nanda, juga protokol kesehatan bahwa meskipun yang bersangkutan sudah dinyatakan clear sembuh, negative, tetap yang bersangkutan diminta untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Kemudian tetap dibawah pemantauan dan monitoring dari petugas kesehatan. Kami juga sudah menghubungi pak camat Tegalrejo untuk diteruskan kepada kepala desanya. Dan bisa menginformasikan berita baik ini kepada seluruh masyarakat, dan mereka bisa ikut mensuport seluruh warga agar bersama-sama agar tidak panik, gusar, atau merasa khwatir dengan virus ini. Karena Alhamdulillah penyakit ini bisa sembuh,” ucapnya.

Terkait dengan empat pasien positif lainnya, Nanda memastikan kondisinya membaik dan masih dalam perawatan serta pemantauan.“Dua pasien masih dirawat, kemudian satu pasien sudah pulang (isolasi mandiri) dan kondisinya membaik. Dan satu lagi memang kondisinya tidak bergejala, jadi secara fisik dia sehat tapi dinyatakan positif. Tetapi tetap dalam pemantauan dan pengawasan yang ketat dari petugas kesehatan dan yang bersangkutan masih tetap melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing,” tukasnya. (had/bas)





Tinggalkan Balasan