Longsor Sempat Tutup Akses Desa Balerejo-Tanjungsari

196
Tim gabungan BPBD, Unit Damkar beserta warga membersihkan material longsoran yang menutup akses jalan desa (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Kaliangkrik Selasa (31/3/2020) menyebabkan tanah tebing longsor dan menutup jalan penghubung antardesa. Lokasi longsor berada di Dusun Krajan, Rt 01/RW 01 Desa Balerejo, Kecamatan Kaliangkrik.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto Rabu (1/4/2020) membenarkan bahwa ada kejadian tanah longsor yang sempat menutup akses jalan antar desa di Kecamatan Kaliangkrik, yakni jalan penghubung Desa Balerejo-Desa Tanjungsari.

“Kronologi kejadian adalah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada pukul 11.30 menyebabkan tebing yang berada disisi jalan longsor, dan menutup jalan,” imbuhnya.

Edi menuturkan, dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan tidak mengancam rumah warga. Akses jalan, menurut Edi, sempat terhambat namun hanya sebentar.

“Tim gabungan BPBD, Damkar, relawan dan warga langsung melakukan kegiatan pembersihan. Selasa petang sudah bersih,” ujarnya.

Edi menyebutkan, hujan disertai angin kencang pada Selasa (31/3/2020) pukul 19.00 WIB di kecamatan Pakis juga sempat membuat rumpun bambu milik warga roboh, dan menutup akses jalan Magelang-Kopeng Salatiga.

“Namun berhasil dilakukan penanganan cepat oleh tim BPBD, relawan dan warga pada Rabu (1/4/2020) pukul 00.30. Akses jalan langsung lancar kembali setelah dilakukan pemotongan bambu dan pembersihan material rumpun,” tukasnya (had/bas)





Tinggalkan Balasan