alexametrics

Suhu Tubuh Wisatawan Borobudur Diperiksa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Meluasnya virus korona di Indonesia langsung disikapi pihak pengelola Candi Borobudur dengan menyiapkan thermal scanner. Para wisatawan mancanegara baik pengunjung sunrise, sunset yang melalui pintu masuk menuju Candi Borobudur akan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermal scanner.

“Jadi kita bisa mengetahui suhu masing-masing wisatawan, rangenya kalau masih di bawah 37 (derajat) itu masih ambang normal. Kan ini baru kita mulai tadi pagi, peralatan baru kita dapat kemarin, tadi pagi terekam belum ditemukan yang 38 (derajat),” kata General Manager Manohara Jamaludin Mawardi, Kamis (5/3/2020).

Jamaludin menyebutkan, pengelola Manohara dan Borobudur sudah diberi arahan dan langkah antisipasi dengan meminimalkan kontak langsung dengan wisatawan, terutama wisatawan asing. “Kontak yang selama ini terjadi itu biasanya saat penyarungan, pemakaian sarung ini ada petugas kita yang memakaikan sarung di situ. Nah ini, sudah mulai kemarin, sudah kita coba minimalisir dengan mereka tamunya memakai sarung sendiri, jadi hanya kasih contoh dari jarak tertentu mereka memakai,” bebernya.

Baca juga:  Orang Tak Berkepentingan Dilarang Masuk Jateng

Pengelola juga melengkapai area kawasan Candi Borobudur dengan hand sanitizer, yang diletakkan di beberapa titik, termasuk di restoran maupun front office.

Jamaludin menegaskan, jika nantinya ditemukan wisatawan dengan suhu di atas 38 derajat, maka yang bersangkutan akan dibawa menuju ruang isolasi serta berkoordinasi dengan dokter.  (had/ton/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya