Sosialisasi Teknik Pelaksanaan Jalan Beton di Perdesaan

156
PENGABDIAN MASYARAKAT : Sosialisasi teknik pelaksanaan jalan beton oleh kelompok dosen Teknik Sipil Untidar pada Desember lalu di Desa Podosoko, Secang, Kabupaten Magelang. (IST)
PENGABDIAN MASYARAKAT : Sosialisasi teknik pelaksanaan jalan beton oleh kelompok dosen Teknik Sipil Untidar pada Desember lalu di Desa Podosoko, Secang, Kabupaten Magelang. (IST)

RADARSEMARANG.ID MUNGKID – Pemerataan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah khususnya di desa terus dilakukan pemerintah. Pelaksanaan pembangunan ini perlu terus diawasi dan didamping untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Universitas Tidar ikut andil dalam pendampingan tersebut dengan melaksanakan pengabdian masyarakat di beberapa daerah khususnya Secang dan sekitarnya.
Rangkaian kegiatan ini sudah dilaksanakan selama Desember tahun lalu oleh 5 dosen dari Jurusan Teknik Sipil. Yakni Sudarno, Fajar Susilowati, Yusfita Chrisnawati, Arrizka Yanuar Adipradana, dan Dedy Firmansyah beserta mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pelaksanaan Perkerasan Jalan.

Tiga desa terakhir yang menjadi target dalam sosialisasi ini adalah Desa Balekerto, Desa Karangkajen, dan Desa Podosoko. Desa terakhir dalam rangkaian pelaksanaan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan sejak awal Desember tahun lalu adalah Desa Podosoko.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal pemahaman kepada masyarakat terkait pelaksanaan jalan beton dan pendampingan terhadap penyusunan rencana anggaran biaya agar pembiayaan pembangunan infrastruktur desa dapat terlaksana dengan baik.

Dampaknya, masyarakat mulai memahami teknik pelaksanaan pembangunan jalan beton dengan baik. Harapannya pada saat pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah mereka dapat dilaksanakan secara mandiri.

Selain itu dari beberapa desa tersebut terus berkoordinasi untuk pelaksanaan sosialisasi di tiap-tiap dukuh. Menurut pejabat Desa Podosoko Warjana, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. Warga berharap sosialisasi seperti ini dapat terus dilaksanakan agar masyarakat tahu perkembangan teknologi terkini. (sct/lis)

Tinggalkan Balasan