Kades Tak Boleh Pegang Uang Desa

197

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Sebanyak 293 kepala desa (Kades) terpilih dilantik oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin di Pendopo drh Soepardi, Komplek Setda Kabupaten Magelang, Rabu (8/1). Zaenal meminta kades lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan dan kekayaan desa, serta mempedomani segala peraturan perundang-undangan agar tidak terjadi permasalahan hukum di kemudian hari.

“Jangan ada kades yang memegang langsung uang desa, karena itu menjadi tugas bendahara desa,” ujarnya.

Zaenal menegaskan, kades harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan undang-undang. Jangan sampai ada lagi Kades yang harus berurusan dengan aparat penegak hukum karena melakukan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan desa. “Kami berharap agar kades mengawali jabatan ini dengan baik, dan nanti mengakhiri masa jabatannya dengan baik pula,” tandasnya.

Dalam pelantikan kemarin, ada salah satu kades yang menggunakan sepeda listrik kayuh dengan dikawal ratusan pendukungnya menuju tempat pelantikan sejauh empat kilometer. Adalah Kades Progowati, Kecamatan Mungkid, Pratikno. Pratikno terpilih sebagai kades setelah mengantongi 2.082 suara dengan menyisihkan lawannya yang hanya memperoleh 208 suara. “Saya sengaja ke sini bersama teman-teman gowes dari komunitas Gosrow dalam pelantikan ini. Kebetulan saya adalah ketua komunitas Gosrow, dan teman-teman juga mendorong memakai sepeda pas pelantikan,” katanya.

Bintang Timnas U-16 asal Magelang Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi atau Bagas juga hadir dalam pelantikan ayahnya, Yuni Puji Istiono, sebagai Kades Pancuranmas Kecamatan Secang. Ia menjadi sasaran swafoto ratusan warga yang hadir dalam pelantikan. Beberapa kali, Bagas diminta berfoto bersama dengan para keluarga kades. Bahkan beberapa kades juga meminta foto bersamanya.

“Semoga bapak menjadi pemimpin yang amanah. Bisa membawa perubahan untuk Desa Pancuranmas, terutama desa saya juga. Yang penting bisa berkontribusi banyak lah sebagai kepala desa. Dan bisa ditiru oleh pemuda-pemuda atau lainnya, terutama hal-hal baik lainnya,” tukasnya. (had/ton)