alexametrics

Konservasi Sekaligus Peningkatan Ekonomi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID—Pemerintah Kabupaten Magelang meluncurkan gerakan menanam untuk konservasi. Gerakan lingkungan ini dibuka dengan penanaman di halaman SD Negeri Munggangsari Kecamatan Kaliangkrik, kemarin.

Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana mengatakan penanaman ini selain sebagai upaya konservasi tangkapan air juga memperoleh hasil dari buah yang ditanamnya. “Maka kali ini ditanamlah pohon kopi agar selain sebagai upaya konservasi juga sebagai penunjang peningkatan ekonomi dengan kopi yang dihasilkan,” kata Edi.

Berdasarkan hasil penelitian, pada 2040 akan terjadi krisis air di Pulau Jawa yang akan mengancam terjadi konflik air, maka upaya masif terus dilakukan untuk mengembalikan air ke dalam tanah di daerah tangkapan air di daerah hulu untuk mempertahankan dan menjaga debit mata air.

Baca juga:  Hujan Angin, Pohon Bertumbangan, Belasan Rumah Rusak

Menurut Edi, upaya pelestarian lingkungan akan berhasil maksimal dengan sinergitas semua pihak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Triagung menambahkan, ditanam 85.633 bibit pohon di tahun 2019. “Khusus Desa Munggangsari Kecamatan Kaliangkrik sebanyak 20.828 batang bibit pohon kopi jenis arabika dan 300 batang bibit jambu kristal 300 batang,” paparnya. (vie/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya