Enam Wilayah Ini, Rumah Warganya Dirusak Angin Kencang

504
GOTONG-ROYONG : Warga bersama-sama membersihkan pohon yang menimpa rumah akibat angin kencang Sabtu lalu di sejumlah kecamatan di Kabupaten Magelang. (Dok BPBD Kabupaten Magelang)
GOTONG-ROYONG : Warga bersama-sama membersihkan pohon yang menimpa rumah akibat angin kencang Sabtu lalu di sejumlah kecamatan di Kabupaten Magelang. (Dok BPBD Kabupaten Magelang)

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Hujan disertai angin yang terjadi pada Sabtu (7/12) di Kabupaten Magelang, membuat enam rumah di beberapa wilayah rusak. Hujan yang terjadi sejak pukul 15.00 bahkan menyebabkan jaringan listrik di Kecamatan Mertoyudan padam hingga pukul 18.00. Sedangkan di wilyah lainnya, pohon tumbang menyebabkan jalan desa tertutup.

“Kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Mertoyudan, Borobudur, Srumbung, Tempuran, Salaman, Ngluwar, dan Tegalrejo. Akibat hujan disertai angin, menyebabkan  pohon tumbang dan mengganggu aliran listrik,” katanya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto Minggu (8/12).

Edi menyebutkan, untuk Kecamatan Mertoyudan, wilayah yang terdampak yakni Perumahan Panca Arga, Desa Banyurojo,  dan Dusun Nglerep Desa Deyangan akibat adanya pohon tumbang menutup akses jalan. Selain iu juga di Dusun Kelegen, Desa Donorojo, berdampak pada dua rumah rusak ringan tertimpa pohon tumbang.

“Di Dusun Manggoran dan Dusun Permitan, Desa Bondowoso, serta Dusun Jangkungan, Desa Deyangan, juga Dusun Kalinegoro, Desa Kalinegoro pohon tumbang menimpa jaringan listrik,” imbuhnya.

Edi menuturkan, di Dusun Dawungan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, terdapat satu rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Dan pohon tumbang juga menimpa jaringan listrik. Sedang di Kecamatan Borobudur, menurut Edi, hujan angin menyebabkan pohon tumbang dan menutup akses jalan di Dusun Sembungan Desa Kembanglimus, dan Dusun Sigug, Desa Bumiharjo.

“Untuk wilayah Kecamatan Tempuran, dua rumah rusak akibat tertimpa pohon di Dusun Tegalsari, dan Dusun Sumber, Desa Sumberarum. Selain merusak rumah, pohon tumbang juga menimpa jaringan listrik,” ujarnya.

Untuk kejadian di Dusun Karangrejo,  dan Dusun Karangasem, Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar, menyebabkan satu rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Sedangkan di Dusun Peterongan, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, kata Edi, menyebabkan satu rumpun pohon bambu besar, roboh dan menutup akses jalan Tegalrejo – Candimulyo.

Humas PLN UP3 Magelang Nurina, membenarkan bahwa hujan disertai angin telah menyebabkan pohon tumbang mengenai jaringan listrik.

“Dampaknya beberapa wilayah mengalami pemadaman. Namun demikian, tim kami langsung melakukan penanganan. Untuk beberapa wilayah langsung lancar kembali. Untuk kawasan Kecamatan Mertoyudan, jaringan listrik normal kembali sekitar pukul 18.00,” tukasnya (had/lis)