alexametrics

Calon Ratu Denmark Kagumi Borobudur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Istri dari Putra Mahkota Kerajaan Denmark, Frederik Andre Hendrik Christian yakni Mary Elizabeth Donaldson mengunjungi Candi Borobudur, Rabu (4/12). Selama hampir 1 jam 45 menit, calon Ratu Denmark ini berkeliling di Candi Borobudur menikmati pagi.

Rombongan Mary tiba di kompleks Candi Borobudur pukul 07.15 WIB dan disambut pejabat teras Balai Konservasi Borobudur (BKB) maupun Taman Wisata Candi Borobudur.

“Dia sudah banyak tahu tentang Borobudur. Begitu saya tanya, ‘selamat datang di Borobudur’. Dia bilang sudah banyak tahu tentang Borobudur dan pelestarian yang merupakan situs warisan dunia,” kata Pemandu dari Balai Konservasi Borobudur Hari Setyawan.

Mary naik ke bangunan candi dan berkeliling hingga ke stupa paling atas. Ia sempat berfoto-foto selama berada di Candi Borobudur. Kurang lebih pukul 08.30 WIB, rombongan turun meninggalkan kompleks dari Candi Borobudur. “Beliau menginginkan untuk dipandu tur keliling candi. Beliau ingin menyaksikan reliefnya. Sebenarnya jadwalnya hanya 30 menit semuanya, cuma beliau datang lebih awal. Minta dipandu, kemudian penjelasan lebih detail tentang relief dan sebagainya,” terangnya.

Baca juga:  Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kembali Mondok Usai Libur Lebaran

Saat berada di stupa induk, Hari sempat menjelaskan kepada Mary bahwa ada larangan menyentuh relief pada Candi Borobudur. Mary, kata Hari, mengapresiasi pelestarian Candi Borobudur yang dilakukan Balai Konservasi Borobudur (BKB). “Setelah sampai di barisan stupa, beliau melihat alam sekeliling Borobudur, tanggapannya positif karena masih tampak hijau. Kemudian, gunung-gunung dan berbukitan masih bisa terlihat dan sebagainya,” tambahnya.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengungkapkan menyambut baik kedatangan rombongan dari Putri Kerajaan Denmark. Mary sempat menanyakan jumlah pengunjung di Candi Borobudur selama setahun. “Kami sangat senang dan bangga mendapat kunjungan dari Putri Kerajaan Denmark. Kita sampaikan tentang Candi Borobudur maupun filosofinya sambil berkeliling,” jelasnya. (had/ton)

Baca juga:  Punthuk Setumbu Kembali Beroperasi, Tapi Makin Sepi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya