alexametrics

Terima Program WFK, SMKN 1 Salam Disurvei KOICS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – SMK Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang menerima kunjungan  Direktur KOICS Mr. Cho Hyunmin dan Wakil Direktur KOICS Mrs. Ran belum lama ini. KOICS (Korea International Cooperation Service) adalah perusahaan Republik Korea Selatan yang bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) untuk mengirimkan sukarelawan ke berbagai negara berkembang.

KOICA  merupakan lembaga hibah Pemerintah Republik Korea Selatan yang memiliki program World Friends Korea (WFK),  yaitu program penempatan sukarelawan dari Korea untuk berbagi pengalaman ke Indonesia. Hal ini sebagai tindak lanjut dari hasil pelatihan oleh guru sekolah setempat, Hera Yuliana, yang ikut pelatihan 21 hari ke Korea Selatan yang diadakan KOICS. SMK pertanian di Jawa Tengah yang mendapatkan tawaran kerja sama WFK ini adalah SMKN 1 Salam, SMKN 1 Bawen dan SMKN 1 Kalibagor.  KOICS berkunjung ke SMKN 1 Salam untuk menilai kelayakan penempatan sukarelawan sekaligus melakukan penjaringan peminatan terhadap program WFK.

Baca juga:  Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Audiovisual Tingkatkan Kepercayaan Diri

Kepala SMK N 1 Salam Sugiarto berharap program WFK ini dapat meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran berbasis teknologi di SMK N 1 Salam agar para lulusan SMK dapat terserap di pasar kerja luar negeri. Khususnya pada program G to G ke Korea Selatan. “Alumni SMKN 1 Salam yang terserap kerja di luar negeri di antaranya bekerja di Korea Selatan 13 orang,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Mr. Cho Hyunmin dan Mrs. Ran yang fasih berbahasa Indonesia melakukan observasi ke masing-masing program keahlian. Yaitu  Agribisnis Tanaman, Agribisnis Ternak, Perikanan dan Agribisnis Hasil Pertanian untuk menggali peluang bantuan baik itu peralatan, sarana penunjang pembelajaran.

Rencananya KOICA menugaskan relawan WFK selama 10 bulan. Mr. Cho Hyunmin berharap, sekolah tidak segan meminta bantuan kepada relawan. Sehingga waktu 10 bulan tersebut dapat efisien menghasilkan kegiatan yang bermanfaat untuk peningkatan sekolah. (*/lis)

Baca juga:  Belajar Pemrograman Berorientasi Objek dengan Aplikasi Quizizi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya