alexametrics

Siswa Non Muslim Ikut Sumbang Hewan Kurban

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Perayaan haru raya idul adha di Kampus SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang terasa istimewa. Pasalnya, hewan kurban yang terkumpul tidak hanya dari siswa muslim, namun juga juga dari siswa atau keluarga non muslim.
Selain itu, penyelenggaraan kurban juga dilaksanakan sepenuhnya oleh siswa SMA TN, mulai dari perencanaan, penyembelihan hingga pembagiannya. Proses ini diharapkan menjadi pembelajaran penting untuk mengasah sensitivitas dan kesalehan sosial seluruh siswa SMATN.

Kepala SMA Taruna Nusantara Magelang, Brigjen TNI (Purn) Soebagio SIP, Minggu (11/8/2019) disela-sela kegiatan penyembelihan hewan kurban mengatakan, kegiatan Idul Adha di kampus SMA Taruna Nusantara sebagai kegiatan ibadah dan media pendidikan generasi penerus. Sebagian besar siswa, menurut Soebagio, ternyata belum pernah menyentuh atau menuntun sapi atau kambing, apalagi menyembelihnya.

Baca juga:  Gowes Milad Tempuh 70 Kilometer

“Sehingga kegiatan ini betul-betul membuat mereka terkesan. Demikian juga ketika mereka harus mengatur pembagiannya kepada pihak dan masyarakat yang berhak menerimanya, sebuah proses yang menarik sebagai proses pembelajaran,” katanya.

Soebagio menegaskan bahwa rangkaian kegiatan kurban di SMA TN bukanlah semata-mata merupakan ibadah bagi siswa yang beragama islam, tetapi merupakan media pembelajaran dan pendidikan bagi seluruh siswa SMA Taruna Nusantara, baik muslim maupun non muslim.
” Di dalam idul kurban terdapat pembelajaran manajemen, kepemimpinan, bela negara dan toleransi serta kepedulian sosial,” tuturnya.

Kepala Humas SMA TN, Elizabeth Eko S mengungkapkan, Idul kurban kali ini berhasil terkumpul 23 ekor sapi dan 156 ekor kambing yang dikelola oleh siswa, mulai dari perencanaan, penyembelihan hingga pembagiannya.

Baca juga:  Peralatan Bencana dan Personel Harus Siaga

“Diharapkan menjadi pembelajaran penting untuk mengasah sensitivitas dan kesalehan sosial seluruh siswa SMA TN. Di antara hewan kurban tersebut terdapat 2 sapi yg merupakan sumbangan dari orangtua siswa non muslim, yaitu dari keluarga alm. LB. Moerdani dan keluarga Natalis Tabuni, Bupati Intan Prop. Papua. Selain itu terdapat 24 kambing merupakan hewan kurban hasil iuran siswa beberapa kelas di SMATN,” imbuhnya (had/sas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya