alexametrics

Ratusan Penari Soreng Tampil di Istana Negara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Sebanyak 200 penari Soreng asal Magelang akan tampil di Istana Negara, Jakarta, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang.

Tampilnya kesenian asli Magelang ini buah dari apresiasi Presiden Joko Widodo yang meminta untuk dipertunjukkan. Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Ahmad Husein, Kamis (1/8) menjelaskan bahwa latar belakang bisa tampilnya budaya seni tari tradisional khas Kabupaten Magelang yakni saat Kongres Kebudayaan tahun 2018 yang lalu, Bupati Magelang telah menyerahkan pokok-pokok pikiran dan kebijakan kebudayaan daerah.

Di dalamnya, menurut Husein, disebutkan bahwa Kabupaten Magelang memiliki potensi budaya, dimana semua itu sudah didaftarkan oleh Bupati Magelang, salah satunya adalah tari Soreng tersebut.

Baca juga:  Lengger Lanang Mbarang di Pasaraya 2 Salatiga

Husein menyebutkan, Kabupaten Magelang telah menyiapkan sebanyak 200 penari. Saat ini, menurut Husein, tim soreng Kabupaten Magelang telah melakukan persiapan dan proses latihan intensif yang ditangani oleh pelatih dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Rencananya, kata Husein, tim soreng Kabupaten Magelang tersebut akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 13 Agustus 2019.

“Jumlah personel kita erdiri dari siswa SD, SMP, dan masyarakat dari Kecamatan Grabag, Pakis, dan Ngablak, belum ditambah tim official. Pentas soreng secara kolosal ini ditangani langsung oleh pelatih dari ISI Surakarta,” ujarnya.

Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, dirinya mengaku sangat bangga atas kesempatan yang telah diberikan kepada Kabupaten Magelang untuk mementaskan kesenian khas daerah di Istana Negara.

Baca juga:  Situs-Situs Bersejarah Tarik Wisatawan

“Saya minta kepada seluruh pemain agar bisa menjaga stamina. Jangan ada yang pingsan saat pentas karena ini akan disaksikan oleh jutaan penonton di Indonesia, baik secara langsung maupun dari televisi. Untuk tim official tolong pastikan bahwa kondisi pemain tetap vit sampai pentas,” tukas Edi. (mg3/mg5/had/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya