Susun 1.200 Botol Plastik Jadi Gapura

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Sebuah gapura unik bernuansa warna merah-putih yang terbuat dari botol bekas berdiri di kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah. Gapura ini dibuat untuk menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia. Lengkap dengan tulisan tema HUT “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Inisiator gapura, Didik Eksanto menceritakan awal mula ide muncul. Ia ingin membuat gapura abstrak, memanfaatkan limbah botol di bank sampah. Termasuk mengambil botol-botol plastik yang terseret air sungai. “Konsepnya memang pemanfaatan limbah di sekitar kita (pelita),” akunya, Selasa (16/8).

Botol yang terkumpul itu kemudian dicat. Setelah kering, dirangkai membentuk gapura setinggi 4 meter, lebar 3,5 meter. Ia menggunakan beragam ukuran botol, kecil dan sedang. “Totalnya ada 1.200 botol yang kita pakai,” imbuhnya. Seluruh proses pembuatan gapura ini juga melibatkan semua warga. Kalangan anak muda dan ibu-ibu juga turut serta.

Baca juga:  Panen Sayur Puluhan Kilogram di Lahan Sempit

Gapura tersebut berdiri sepekan lalu. Juga menjadi spot selfie baru di Kota Magelang. Fenomena ini diakui oleh Ketua RW 4, Agus Wahyudi. Ia kerap melihat warga yang melintas, dan mampir untuk foto-foto di bawah gapura.

“Gapura ini menjadi bungah warga kami. Bisa dilihat, dipandang, dan banyak yang pada selfie ke sini,” akunya. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya