Belajar Jurnalistik sekaligus Menabung Sejak Dini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Sebanyak 38 siswa SMP se-Kota Magelang antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan Bank Magelang bersama Jawa Pos Radar Semarang. Peserta dibekali tiga materi sekaligus. Yakni, menulis berita, fotografi jurnalistik, dan membuat video edukatif untuk konten medsos.

Bank Magelang pun memberikan hadiah menarik kepada tiga peserta terbaik dalam membuat video edukatif di dunia perbankan. Juara I mendapat tambahan saldo Tabungan Simpanan Pelajar Rp 750.000, juara II Rp 500.000, juara III Rp 250.000. Peserta juga mendapat trofi dan piagam yang ditandatangani Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Papa Riyadi.

Renata Rahmawati, siswi SMP Negeri 12 Kota Magelang menyabet juara pertama. Ia senang bisa mengikuti pelatihan ini. “Seneng banget. Selain dapat ilmu jurnalistik, juga dapat hadiah tabungan,” ucapnya, Rabu (10/8).

Baca juga:  Kondisi Sulit, Bank Magelang Tetap Tumbuh

Ia akan memanfaatkan hadiah Tabungan Simpel untuk tabungan pendidikan agar masa depannya lebih cerah.

Direktur Utama Perumda BPR Bank Magelang Hery Nurjianto optimistis kegiatan ini berdampak positif bagi para pelajar. Mereka akan menjadi penulis-penulis cilik yang handal. Lalu, memiliki keterampilan memotret, dan membuat konten-konten medsos yang edukatif. “Kita harapkan, anak-anak ini menjadi agen perubahan di tengah marakknya konten-konten medsos yang kurang bermanfaat,” katanya.

Hery mengatakan, selain memberikan ilmu cara menulis berita maupun fotografi, Bank Magelang juga mengajak pelajar di Kota Magelang untuk belajar menabung. “Kita juga membantu menyukseskan program kerja OJK, yakni program Kejar (Satu Rekening Satu Pelajar). OJK ingin mendorong setiap siswa memiliki buku tabungan, utamanya Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel),” jelasnya kepada 38 peserta pelatihan.

Baca juga:  Dicari, Satu Orang untuk Duduki Kursi Dewan Pengawas Bank Magelang

Ia menambahkan, dengan adanya Tabungan Simpel, anak-anak bisa belajar menabung sejak dini. Dan nantinya tabungan ini bisa digunakan saat dibutuhkan. Seperti untuk masuk sekolah, kuliah, membeli aneka kebutuhan sekolah, atau untuk biaya study tour.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi mengaku sangat terkesan dan terharu dengan acara pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan bersama Bank Magelang. Ia berharap adanya kegiatan pelatihan jurnalistik ini dapat meningkatkan kemampuan anak-anak di bidang jurnalistik. “Biasanya bank itu hanya ngurusin duit, tapi Bank Magelang beda, tetap memberikan pelatihan jurnalistik, terutama untuk anak SMP. Itu luar biasa,” tuturnya.

Menurutnya, kerja sama antara Bank Magelang dengan Jawa Pos Radar Semarang ini dapat memberikan perhatian kepada generasi muda melalui bacaan yang informatif dan edukatif. Ia menjelaskan kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan Bank Magelang ini sejalan dengan program dari Jawa Pos Radar Semarang yang selalu mendukung kegiatan dan program dalam peningkatan kemampuan menulis. (rfk/mg3/put/ton)

Baca juga:  Pesan Damai dalam Laga Unimuda FC vs Unimma

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya