Sakti Aulia Sulistyo, Atlet eSport Magelang Wakili Asia di eFootball Championship Pro 2022 XBOX

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Atlet eSport Kota Magelang Sakti Aulia Sulistyo berhasil lolos ke kejuaraan dunia eFootball Championship Pro 2022 XBOX. Sakti berhasil lolos sebagai wakil Asia setelah meraih juara pertama dalam eFootball Championship Open XBOX zona Asia, Oceania and other areas.

eFootball Championship Pro 2022 XBOX akan dilaksanakan secara online 13-14 Agustus nanti. Sakti Aulia Sulistyo akan bersaing melawan dua wakil dari benua Eropa dan Afrika, dua wakil dari Amerika, serta satu wakil Asia lainnya.

“Nanti di kejuaraan dunia akan bertanding dengan lima peserta lain yang berasal dari Amerika, Eropa dan Afrika, serta Asia,” jelas Sakti saat dihubungi Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (7/8).

Baca juga:  Kasdam Ikut Promosikan Sport Tourism

Sakti mengatakan, pada babak kualifikasi, dirinya bersaing dengan puluhan peserta lainnya. Dari sejumlah pertandingan yang dilalui, Sakti berhasil menempati peringkat pertama klasemen akhir, sehingga lolos ke babak delapan besar.

Ia menjelaskan, delapan pemain teratas yang lolos ke delapan besar ditentukan berdasarkan aturan yang sudah dibuat. Yakni, pemain harus mencatatkan 15 kemenangan beruntun.”Jadi, kalau ada kalahnya, maka harus kembali ke awal. Intinya harus menang terus sebanyak 15 pertandingan,” jelasnya.

Sakti menambahkan, pada babak delapan besar, dirinya berhasil mengalahkan pemain dari Irak pada pertandingan pertama. Kemudian menang melawan Arab di babak semifinal, dan terakhir di final sukses mengalahkan Yordania. Dua besar dari round ini akan mewakili Asia di pertandingan kejuaraan dunia.

Baca juga:  Ratusan Anak Adu Skill di Youth Fun Juggling Competition

“Tergabung di grup A, saya akan bersaing dengan player dari Italia dan Amerika. Sedangkan grup B ada dari Spanyol, Yordania, dan Argentina,” jelas Najmi Alula, nama yang digunakan Sakti pada kompetisi kali ini.

Sakti mengaku pada kompetisi eFootball Championship Pro 2022 XBOX, dirinya sangat ingin meraih juara pertama atau juara dunia.

Ia mengatakan, berdasarkan track record pada kejuaraan dunia, Indonesia paling bagus meraih juara dua dunia pada 2019 dan 2020. “Kebetulan saya tahun lalu di kejuaraan eFootbal bisa meraih juara dua. Namun, tahun lalu masih antarbenua, jadi saya juara dua di benua Asia,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua ESI Kota Magelang Dyah Wulandari berpesan kepada Sakti untuk tetap low profil dan terus asah kemampuannya. Ia juga berharap kepada Pemerintah Kota Magelang baik wali kota, dan KONI Kota Magelang bisa memperhatikan atlet yang berprestasi seperti Sakti.

Baca juga:  Puluhan Polwan Diperiksa

Ia menilai sampai saat ini belum ada perhatian khusus ke olahraga eSport, terutama untuk Sakti. “Sampai saat ini masih belum ada perhatian untuk atlet kita, padahal atlet kita juga banyak yang berprestasi seperti Sakti ini,” ujarnya.

Perlu diketahui pada turnamen eFootball Championship Pro 2022, Indonesia berhasil mengirimkan dua wakilnya. Yakni, Sakti Aulia Sulistyo atlet eSport Kota Magelang di XBOX dan Asgar Azizi, atlet eSport NTB di eFootball Mobile. (rfk/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya