Bangkitkan Jiwa Wirausaha Siswa SMK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyuntik semangat siswa SMK se-Magelang untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan muda yang berkelanjutan. Mereka diberikan pelatihan khusus. Dimentori langsung oleh para narasumber dan praktisi berkompeten.

Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kemenko Bidang Perekonomian Chairul Saleh menjelaskan, pelatihan kewirausahaan bagi pelajar SMK ini strategis untuk menyiapkan generasi yang produktif, adaptif, dan mampu bersaing dalam perekonomian nasional maupun global.

Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendorong pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa.

“Salah satu di antaranya adalah kewirausahaan,” ucapnya di sela acara workshop Mendorong Transformasi Siswa SMK Menjadi Wirausaha Baru yang Tangguh dan Berdaya Saing di Era Ekonomi Digital di Hotel Atria Kota Magelang, Kamis (4/8).

Baca juga:  Seminggu, Tiga Kali Bagikan Nasi Warga Isoman

Agar tercapai seperti yang diharapkan, menurutnya, siswa SMK perlu didukung.

Ia mencontohkan, siswa SMK di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Sebut saja di Kota Magelang, ada SMK Negeri 3 Kota Magelang memiliki produk unggulan di bidang tata busana bernama d’Jelipat. Memiliki sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Sementara itu, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Kabupaten Magelang memiliki trik khusus untuk meningkatkan kualitas jiwa wirausaha para siswa. Wakil Manajemen Mutu SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Setyo Hendrawati menyebutkan, pihaknya memberikan ruang bagi siswanya untuk berwirausaha dengan praktik langsung.

“Kami posisikan anak-anak untuk bisa menjadi marketing yang handal,” akunya. (mg3/put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya