alexametrics

Baznas Magelang Salurkan Beasiswa Rp 300 Juta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang memberikan beasiswa bagi 343 siswa berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu. Terdiri dari 134 siswa SD, 179 siswa SMP, dan 30 siswa SMA. Total donasi yang disalurkan Rp 300 juta.

Ketua Baznas Kota Magelang Ahmad Zainuddin merinci, beasiswa yang diterima oleh siswa SD Rp 600.000, SMP Rp 700.000, SMA Rp 800.000. Bantuan ini diberikan untuk mendorong mereka lebih berprestasi, baik secara akademik maupun nonakademik. Selain itu juga berkarakter. “Terutama dari sisi akhlak,” harapannya usai pentasyarufan zakat yang dikelola Baznas Kota Magelang di Pendopo Pengabdian Kamis (4/8).

Selain bantuan pendidikan untuk siswa berprestasi, kata Ahmad, Baznas juga memberikan bantuan pendidikan nonprestasi. Misalnya pembebasan tunggakan biaya sekolah. “Biasanya biaya masuk dan seragam,”ungkapnya.

Baca juga:  Kamen Rider dan Gundam Temani Anak-Anak Vaksin

Baznas juga memberikan bantuan bedah rumah tidak layak huni (Rutilahu). Baik renovasi maupun bedah rumah dengan anggaran Rp 15.000.000-35.000.000. Selanjutnya, memberikan bantuan alat kesehatan, pengobatan di rumah sakit. Lalu, bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan setiap bulan bagi jompo, difabel, dan masyarakat yang tinggal sebatang kara.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menjelaskan, dana zakat yang dikelola Baznas itu berasal dari para pegawai negeri sipil (PNS) Kota Magelang. Zakat menjadi salah satu komponen untuk mendorong kemajuan Kota Magelang. Ia pun ingin, agar penyaluran beasiswa pendidikan dilaksanakan secara kontinuitas. “Baznas bisa menyalurkan setiap bulan, bukan satu tahun sekali,” pintanya. (mg4/put/ton)

Baca juga:  Diresmikan, MPP Kota Magelang Percepat Pengurusan, Tanpa Praktik Haram

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya