alexametrics

Satu Suro, Gunung Tidar Dikunjungi 7.875 Orang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Wisatawan yang berkunjung ke Kota Magelang saat akhir pekan dan bertepatan libur 1 Muharram atau 1 Suro lalu meningkat signifikan. Terutama, jika dibandingkan dengan akhir pekan sebelumnya.

“Untuk akhir pekan bertepatan dengan malam 1 Suro kemarin mengalami lonjakan cukup signifikan dibandingkan pekan lalu,” jelas Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang Yhan Noercahyo Wibowo kepada wartawan koran ini Selasa (2/8).

Yanur, sapaan akrabnya, mengatakan, pada liburan 1 Muharram kemarin pihaknya mencatat total pengunjung akhir pekan lalu selama 29-31 Juli ada 7.875 orang. Sementara, pada akhir pekan sebelumnya atau 22-24 Juli tercatat sekitar 4.852 orang.

Ssalah satu faktor tingginya kunjungan wisatawan pada libur pergantian tahun Islam lalu, karena adanya tradisi Grebeg Malam Satu Suro. Pengunjung yang datang pun dari berbagai daerah. Seperti, dari Medan, Pasuruan, Jember, Situbondo, Madiun, Jombang, Purwokerto, bahkan Lampung.

Baca juga:  Berkendara Pakai Sandal Jepit Tidak Ditilang

“Apalagi tahun ini selain tradisi gunungan, juga ada pergelaran seni yang digelar dari siang hingga malam hari. Hal ini menambah daya tarik masyarakat dan pengunjung,” ujarnya.

Yanur menambahkan mayoritas pengunjung yang datang ingin mengikuti tradisi dan ziarah ke tiga makam yang ada di Gunung Tidar. Tercatat jumlah pengunjung meningkat, pada malam pergantian tahun atau Sabtu (30/7) yakni 3.452 orang. Sedangkan, Jumat ada 1.982 orang dan Minggu 2.441 orang. “Jumlah kunjungan ini melebihi dengan prediksi yang kita siapkan, yakni 5.000 pengunjung,” ucapnya. (rfk/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya