alexametrics

Kali Kota Disulap Jadi Wisata Susur Sungai

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Kali Kota Magelang yang berada di Kelurahan Potrobangsan disulap menjadi wisata air baru. Sungai ini disulap menjadi tempat wisata susur sungai dengan ban karet bernama Tirta Kali Kota Tubing dan Recreation.

Ketua RW 1 Kelurahan Potrobangsan Endro Catur Yulianto mengatakan ide pembentukan wisata kali kota ini berawal dari warga RW 1. Warga di RW 1 merasa eman-eman jika salah satu ikon Kota Magelang ini tidak dimanfaatkan.

“Kita awalnya melakukan ujicoba ini sebelum pandemi tahun 2020. Saat itu kita terapkan untuk warganya saja, dengan bermodalkan pelampung dan ban. Karena waktu itu pandemi, kita stop dulu,” ujar Endro saat ditemui di lokasi wisata Minggu (26/6).

Baca juga:  Homecare Terintegrasi dengan JKN-KIS

Ke depannya wisata baru ini akan ditambah dengan berbagai fasilitas dan penambahan wahana lainnya. Seperti area outbond, stan makanan, dan berbagai fasilitas lainnya. Tiket per orang dikenai tarif Rp 5.000 dua kali jalan.

Sementara itu, salah satu pengunjung Sigit Warasmo mengatakan wisata ini sudah cukup bagus. Namun, perlu ditingkatkan lagi. Seperti airnya perlu dijernihkan, karena saat ini masih terlihat kotor. “Kasihan anak-anaknya,” ujarnya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis mengaku sangat mendukung pengembangan wisata kali kota ini. Namun, ia ingin wisata ini terus ditingkatkan. Apalagi saat ini belum ada tempat bilas yang memadai dan tim penyelamat.

“Keluar dari kali harus langsung ada tempat bilas agar tidak sampai gatal-gatal. Untuk mencegah atau meminimalisir kecelakaan juga harus disiagakan tim rescue. Satu kasus kecelakaan saja di tempat wisata akan mematikan tempat itu,” ujarnya. (rfk/ton)

Baca juga:  PSIS Tak Ingin Menanggung Malu di Kandang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya