alexametrics

Baca Alquran Tak Hanya Saat Lomba

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Setelah dua tahun vakum, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Magelang kembali digelar, 21-22 Juni 2022. Lomba melantunkan ayat suci Alquran itu diikuti 142 pelajar SD/SMP/SMA dan 85 masyarakat umum. Kegiatan berlangsung di Pendopo Pengabdian Wali Kota Magelang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Magelang Hadi Sutopo menyebutkan, lomba MTQ ini memperebutkan juara di tiga cabang lomba. Yakni tartil dan tilawah untuk kategori pelajar putra-putri, serta  kategori hifdzil untuk umum.

“Batasan usia peserta umum, untuk anak-anak dari usia 6-12 tahun, remaja 14-23 tahun, dan dewasa 24-40 tahun atau sudah menikah,” kata Topo—sapaannya, saat pembukaan MTQ di Pendopo Pengabdian Selasa (21/6).

Baca juga:  Wali Kota Magelang Tetap Ingin Jadi Dokter saat Libur

Peserta yang menjuarai lomba kali ini akan dikirim ke MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah. Begitu juga dengan pemenang lomba MTQ tahun sebelumnya, akan diikutsertakan ke tingkat provinsi apabila usianya masih mencukupi. “Mudah-mudahan MTQ ini bisa melahirkan generasi yang berakhlak baik,” imbuhnya.

Ia optimistis, lomba MTQ ini berjalan sesuai harapan. Agar pelaksanaannya lancar, ia memecah lokasi lomba. Selain di kompleks Pendopo Pengabdian, ia memilih di Masjid Sabilul Muttaqin, dan Masjid Al-Iman.

Wakil Wali Kota Magelang Kiai Mansyur berpendapat, lomba MTQ bukan sekadar ajang pencarian bakat. Lebih dari itu, lomba ini menjadi salah satu upaya untuk menciptakan generasi yang memiliki keselarasan keimanan dan intelektual. “Otak Jerman, tapi hatinya Makkah,” begitu Kiai Mansyur mengibaratkan.

Baca juga:  Seniman Jalanan Pamerkan Jiwa yang Tersembunyi

Ia memiliki pandangan jika peningkatan kualitas kehidupan beragama memang membutuhkan perhatian khusus. Mengingat agama mempunyai kedudukan dan peran strategis sebagai landasan spiritual, etika, dan moral dalam bermasyarakat, berbangsa, bernegara. Secara khusus ia juga berpesan kepada peserta, agar rutin membaca Alquran tidak hanya ketika ada perlombaan saja. “Selain itu, tetap jaga karakter agar tidak tinggi hati, karena memiliki kemampuan,” jelasnya. (mg1/put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya