alexametrics

Berkendara Pakai Sandal Jepit Tidak Ditilang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Viral imbauan dari Kakorlantas Polri soal larangan memakai sandal jepit saat berkendara. Menanggapi itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang menegaskan pengendara motor yang mengenakan sandal jepit tidak akan ditilang.

“Tidak akan kena tilang. Itu kan hanya imbauan untuk keamanan pengendara saja,” jelas kapolres kepada wartawan koran ini, Kamis (16/6).

Yolanda menjelaskan kabar terkait tilang untuk pengendara motor yang menggunakan sandal jepit adalah hoax. Pihaknya akan menjalankan tugas sesuai perintah undang-undang.

“Jadi kita terutama personel Satlantas bertugas sesuai UU Lalu Lintas tahun 2009. Di dalamnya tidak disebutkan kalau pakai sandal jepit kena tilang,” ujarnya.

Menurutnya, anjuran untuk tak memakai sandal jepit memang disampaikan oleh Kakorlantas Polri. Berkendara mengenakan sandal jepit dinilai cukup fatal bila terjadi kecelakaan di jalan. Karena saat mengendarai motor tidak ada proteksi jika bersentuhan langsung dengan aspal.

Baca juga:  Protes Cabor Soal Mekanisme Musorkotlub KONI Magelang Dinilai Terlambat

Langkah pencegahannya adalah memakai sepatu, celana panjang, jaket, dan sarung tangan saat berkendara. Ia menegaskan, tidak ada surat tilang yang dikeluarkan karena pengendara memakai sandal jepit. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya