alexametrics

Cabai Mahal, Pedagang Kurangi Stok

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Dalam beberapa pekan terakhir ini harga cabai kian meroket. Pedagang sayur di Pasar Kebonpolo, Muntosimah mengatakan harga cabai keriting hijau per kilo yang sebelumnya Rp 15 ribu sekarang Rp 28 ribu. Sedangkan cabai merah keriting dari Rp 30 ribu sekarang menjadi Rp 65 ribu.

“Cabai rawit merah yang paling mahal. Awalnya Rp 20 ribuan sekarang Rp 80 ribu perkilonya. Yang rawit hijau juga, awalnya Rp 30 ribu sekarang jadi Rp 60 ribu,” keluh Muntosimah saat ditemui di kiosnya, Jumat (10/6).

Karena harga tinggi, ia memilih mengurangi stok. Agar tidak merugi. “Seperti diketahui, sayur mayur tidak bisa segar dalam waktu yang lama,” ujarnya.

Baca juga:  Harga Cabai Terus Naik

Kenaikan harga cabai, juga dikeluhkan oleh pedagang di Pasar Rejowinangun. Yuli. Menurutnya kenaikan harga cabai ini sedikit demi sedikit. Awalnya naik Rp 5.000 hingga akhirnya sekarang dua kali lipat dari harga normal. Yuli mengatakan kemungkinan kenaikan ini disebabkan oleh cuaca, curah hujan, dan juga hama. Sehingga menyebabkan banyak cabai yang gagal panen, busuk, dan layu.

Salah seorang konsumen, Siti Fitriani mengaku mengurangi konsumsi cabai dalam sepekan terakhir. Sebab, harga cabai saat ini makin “pedas” ketimbang biasanya. “Harganya naik terus. Makanya saya mengurangi beli cabai,” ujarnya. (mg1/rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya