alexametrics

Berbagi Ilmu Teknik Bleaching

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Wusriyanto, seniman lukis yang tergabung dalam Jaringan Perupa Magelang Magnet Jawa berbagi ilmu. Ia mengajari teknik bleaching kepada warga yang hadir di Loka Budaya Soekimin Adiwiratmoko, Kota Magelang.

“Saya ingin mengenalkan kepada masyarakat khususnya di Kota Magelang tentang teknik bleaching,” jelas Wusriyanto kepada wartawan koran ini usai workshop (26/5).

Anak-anak yang mengikuti workshop juga mempraktikkan secara langsung teknik bleaching dengan kain yang sudah disediakan. Menurut Wusriyanto teknik bleaching ini merupakan cara baru, yang bisa digunakan dalam membatik.

“Bleaching seperti mencanting, namun bahan yang digunakan berbeda. Untuk bleaching kita menggunakan bahan pemutih pakaian atau bisa memakai Bayclin,” jelasnya.

Baca juga:  Air Kali Bening Disurutkan, Sampah Dibersihkan

Teknik bleaching, kata dia, memang awam di telinga masyarakat. Namun, sebenarnya teknik ini sudah sering digunakan oleh orang-orang dalam mengreasikan pakaian. Teknik bleaching yang digunakan lebih seperti membatik, dengan melukis kain menggunakan bahan pemutih pakaian.

“Saya berharap ilmu baru ini bermanfaat bagi masyarakat. Terutama dalam berkreasi dan juga bisa menjadi lahan bisnis baru,” ujarnya.

Sementara itu, guru SMP Kristen 1 Magelang Daniel mengaku teknik ini cukup menarik. Ia mengajak siswa-siswinya datang pada workshop untuk mengenalkan bahwa seni itu bisa memakai inovasi dan cara-cara baru. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya