alexametrics

Dua Sapi di Kabupaten Magelang Positif PMK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Dua ekor sapi di Kabupaten Magelang dinyatakan positif terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Kepastian tersebut didapat setelah dilakukan tes sampel di laboratorium Balai Besar Veteriner Wates. Dua sampel sapi tersebut diambil dari 10 ekor hewan ternak yang sebelumnya suspek PMK.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Joni Indarto membeberkan, hasil laboratorium keluar pada Selasa (24/5). Pihaknya sudah melakukan monitoring serta memberikan obat. Setelah dicek, kondisi dua sapi terus membaik dan sudah mau makan. “Sekarang sedang pemulihan untuk kesembuhan,” ujar Joni.

Ia menjelaskan, dua sapi yang positif PMK dibeli dari Pasar Muntilan. Sementara itu, untuk hewan ternak lain yang sebelumnya dinyatakan suspek kemungkinan besar juga positif PMK.

Baca juga:  Uang Dikuras, Kotak Amal Musala Dibuang

Berdasarkan data Dispeterikan Kabupatean Magelang, Selasa (24/5) di wilayahnya terdapat 10 hewan ternak yang suspek PMK. Terdiri dari sembilan sapi dan satu kerbau. Sementara kasus kambing maupun domba belum ditemukan.

Terpisah penutupan pasar hewan membuat pedagang kesulitan berjualan. Hal ini diakui pedagang kambing asal Borobudur, Qorib Subandono, 41. Meskipun begitu, ia sadar betul PMK menjadi ancaman serius para peternak.

Ia menambahkan, transaksi melalui WhatsApp dan Facebook bisa menjadi pilihan. Namun proses jual beli melalui online dirasa kurang efektif. “Kalau melalui Facebook atau video call tidak menjamin dan masih ragu. Berbeda ketika bertemu secara langsung,” ujar Qorib ketika ditemui di jalan masuk menuju Pasar Hewan Muntilan bersama rekan-rekannya, kemarin (24/5).

Baca juga:  Sembunyikan Sabu dalam Dubur

Menurutnya jual beli online bisa memakan waktu lebih lama. Lebih dari satu minggu. “Meskipun di WA itu sudah ada grupnya. Tapi dealnya kan harus bertemu langsung. Proses pengecekan pun bagusnya secara langsung. Paling cepat laku ya di pasar,”tuturnya. (man/mia/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya