alexametrics

Gores Cepat, Kepala Canting Harus Mendongak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Sejumlah siswa sekolah dasar di Kota Magelang belajar membatik. Mereka diajari teknik memegang canting. Mengambil malam panas dari wadah. Kepala canting harus mendongak ke atas. Dengan begitu, cairan malam di kepala canting tidak tercecer.

Kegiatan yang berlangsung di Loka Budaya Soekimin Adiwiratmoko, Kota Magelang ini disambut antusias anak-anak. Mereka terlihat bersemangat menggoreskan canting mengikuti motif. Goresan dilakukan dengan cepat agar malam tidak terlalu banyak sehingga tidak menetes.

Ketua Paguyuban Batik Kota Magelang Mekar Moncer Naris mengatakan pelatihan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan bulan menggambar.  Siswa yang diundang dari SD Cacaban 3, SD Cacaban 4, SD Negeri Magelang 6, SD Negeri Magelang 7, dan Al Iman. Karena keterbatasa tempat, setiap sekolah mengirimkan maksimal tujuh anak. “Anak-anak sangat antusias mengikuti pelatihan ini, mengingat membatik merupakan pelajaran ekstra,”ujarnya.

Baca juga:  Magelang 10K Targetkan 5.000 Pelari

Dalam pembelajaran, motif yang diajarkan masih sederhana. Rata-rata berbentuk bunga atau daun berukuran besar. “Biar tangan mereka terbiasa dulu, biar luwes dan mengikuti garisnya,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papa Riyadi berharap ke depan kegiatan ini bisa diintenskan lagi. Dengan roadshow ke sekolah-sekolah. Hal ini untuk mengenalkan kesenian dan kebudayaan kepada siswa-siswi di sekolah (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya