alexametrics

Polres Magelang Kota Musnahkan 72.620 Petasan Hasil Sitaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Polres Magelang Kota musnahkan puluhan ribu petasan hasil operasi Ketupat Candi dan KRYD lebaran Idul Fitri 2022. Menghindari dampak yang tidak diinginkan, pemusnahan dilaksanakan di Lahan Kosong Desa Sukosari, Kecamatan Bandongan, Magelang.

“Kita melakukan pemusnahan petasan ini di lahan kosong yang jauh dari pemukiman, hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pihaknya juga melibatkan tim Gegana Polda Jateng,” ujar Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang.

Yolanda mengatakan jumlah petasan yang di musnahkan adalah sepuluh rangkaian petasan dalam bentuk rentengan sepanjang sekitar 2,5 Meter yang berisi 620 buah petasan dan 72.000 petasan dalam bentuk delapan bal petasan yang masing masing bal berisi 9000 petasan. “Keseluruhan yang dimusnahkan sejumlah 72.620 petasan yang merupakan Hasil Operasi Ketupat Candi dan KRYD lebaran Idul Fitri 2022,” ungkapnya.

Baca juga:  Dalam Sepekan, Ada Satu Sekolah di Tiap Kecamatan yang Diambil Sampel Swab Antigen

Ditemui di Polres Magelang Kota, Rabu (25/5) Kapolres menambahkan pihaknya akan terus mengingatkan betapa bahayanya petasan ini. Ia mengimbau agar masyarakat tidak main-main dengan petasan, karena bahaya. “Memang di Kota Magelang belum pernah terjadi banyak jatuh korban akibat mercon, tapi kita harus selalu waspada,” tegasnya.

Ada juga barang yang dimusnahkan yaitu satu buah granat nanas yang ditemukan warga di pinggir sungai kali manggis kampung Gelangan Kota Magelang pada tahun 2013 lalu dan satu buat granat nanas temuan di wilayah Polres Magelang.

Kapolres AKBP Yolanda juga menyampaikan untuk teknik dan cara pemusnahan dilakukan oleh tim jibom Gegana Brimobda Jawa tengah dengan menjalankan SOP yang ada saat pemusnahan petasan demi keamanan petugas dan masyarakat sekitar. “Kegiatan berjalan aman dan lancar, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk tidak ada bunyi suara ledakan yang keras,“ pungkasnya. (rfk/bas)

Baca juga:  Ikan dan Tanaman Sedot Perhatian

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya