alexametrics

Pelaku Vandalisme Berdalih Perbarui Karya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Polres Magelang Kota berhasil meringkus pelaku vandalisme pada mural di dekat traffic light Jalan Kalimas, Menowo Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara. Mereka sengaja melakukan hal tersebut dengan dalih seni jalanan atau street art.

Pengakuan itu diungkapkan ketiga pelaku. Yakni PS, 27, warga Mertoyudan, Kabupaten Magelang; AB, 27, warga Magelang Selatan, dan GP, 29, warga Magelang Selatan. Menurut GP, penumpukan gambar dalam street art itu sudah biasa.

“Kami berkarya. Dari tahun ke tahun memang seperti itu (menimpa karya seni). Jadi kami tidak merasa kalau ini salah,” ujarnya.

Menurutnya lukisan jenis galeri, seperti mural anak yatim piatu, yang dituangkan di jalanan akan menghilangkan nilai seninya. Sebaliknya, karya dari jalanan dibawa ke galeri akan meningkat nilai seninya. Apalagi mural itu harus selalu diperbarui, dan mural anak yatim piatu ini sudah cukup lama. “Jadinya kita perbarui,” imbuhnya.

Baca juga:  Slamet Riyanto, Mantan Sales Jadi Juragan Soto dan Kupat Tahu Gimbal

Akibat dari ulahnya ini, ketiga pelaku bisa dikenai pasal 13 ayat (b) Perda Kota Magelang No. 6 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum (Tibum). Pelaku dikenai tindak pidana ringan (tipiring). “Ketiga pelaku tidak kami tahan, tetapi wajib lapor satu minggu dua kali,” jelas Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya