alexametrics

Unik, Ada Tempat Sampah Mirip Wartel di Alun-Alun Kota Magelang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang –  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang berinovasi membangun tempat sampah permanen, di kawasan Alun-alun Kota Magelang. Bentuknya menarik. Mirip kotak telepon umum atau warung telepon (wartel) bergaya retro, berwarna merah. Tempat sampah ini menambah elemen dekoratif di pusat kota.

Tempat sampah itu dilukisi berbagai gambar-gambar botol plastik. Pada bagian atas terdapat tulisan “Tempat Botol Plastik”. Tersemat ajakan “Ayo Sedekahkan Botolmu di sini”.

Kabid Pengelola Penerangan Jalan Umum Pertamanan dan Pemakaman DLH Kota Magelang Yetty Setiyaningsih menjelaskan, tempat sampah ini khusus botol plastik, berkonsep sedekah sampah. Pihaknya sengaja membuat tempat sampah ini, agar masyarakat terbiasa memilah sampah. Selanjutnya Bank Sampah tingkat kota akan mengambilnya.

Baca juga:  Prestasi Melejit, Direspons Positif Publik

“Inisiasi ini, karena kita ingin memberikan edukasi masyarakat dengan cara berbeda,” tuturnya, Senin, (16/5).

Tempat sampah ini dibuat di tempat pada 22 April. Langsung difungsikan setelah jadi. Nantinya, ia akan membuat tempat sampah serupa di ruang-ruang terbuka publik lainnya. Yetty mengaku, biaya pembuatan tempat sampah ini terjangkau.

Pengunjung alun-alun, Septina, 24, mengapresiasi inovasi dari DLH Kota Magelang itu. Menurutnya, kotak sampah dengan bentuk-bentuk unik membuat suatu tempat tidak terkesan kumuh. “Jadi semangat buang sampah,” akunya. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya