alexametrics

Surga Bagi Penggemar Mobil Klasik dan Retro

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Alun-alun Kota Magelang pada Sabtu (14/5) mendadak menjadi surga bagi para penggemar mobil klasik dan retro. Sekitar 200 mobil kuno berjejer untuk diikutkan acara reli yang digelar Perhimpunan Pecinta Mobil Kuno (PPMKI) Jateng. Masyarakat pun antusias menyaksikan dan berfoto dengan latar mobil-mobil antik itu.

Jenis mobil yang diikutkan pun sangat beragam. Wartawan Jawa Pos Radar Semarang menghampiri peserta dari Jogjakarta yang menumpangi mobil Morris Mini Cooper berwarna merah glossy, beratap putih. Pemilik mengatakan, mobil mungil ini keluaran 1961. Sementara peserta dari Jakarta menaiki mobil Dodge Ram 1956, berwarna oranye menyala.

Di garis start, Wakil Wali Kota Magelang Kiai Mansyur berkesempatan melepas mobil di urutan pertama, Chevrolet Bel Air 1957. Sedangkan mobil tertua yang ikut dalam acara ini adalah mobil sedan Plymouth 1948 dan Pontiac 1948, buatan Amerika.

Baca juga:  Playground Gratis tapi Ada Aturan

Mansyur menyebut, reli mobil kuno ini dapat memberi gambaran pada masyarakat tentang tren dan sejarah otomotif dari masa ke masa.  “Kita bisa belajar bagaimana kecintaan, ketekunan, ketelatenan adalah modal penting untuk merawat segala sesuatu yang kita miliki,” ucapnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) selaku ketua penyelenggara acara, Wulandari Wahyuningsih optimistis reli mobil kuno dapat menggeliatkan pariwisata Kota Magelang dan mendongkrak roda perekonomian daerah. Pasalnya, hampir 600 orang dari seluruh Indonesia mengikuti reli tersebut.

Peserta itu berasal dari berbagai daerah. Semarang, Jogjakarta, Jakarta, Bali, Kalimantan, Aceh, dan lainnya. “Mereka datang sejak Kamis dan semua menginap di hotel-hotel Kota Magelang,” ucapnya.

Baca juga:  Asimilasi Bukan Bebas Sepenuhnya

Para pemenang kejuaraan reli diumumkan di Pendopo Pengabdian (Rumah Dinas Wali Kota Magelang) Minggu, (15/5). Adapun kelas kejuaraan mobil kuno dimenangkan Very Rastanto dan David (Temanggung), dengan mobil VW Kodok 1961. Pemenang kelas retro adalah Nugroho (Magelang), dengan mobil Peugeot 505 1986. (put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya