alexametrics

Pandawa Nugraha jadi Pembuka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pemerintah Kota Magelang menggelar 15 pentas wayang kulit secara bergiliran. Kegiatan budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-1116 Kota Magelang ini diawali di Jalan Pierre Tendea Plengkung, Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang Sabtu (14/5) malam. Lakon Pandawa Nugraha dengan dalang Ki Adi Sulistyo hanya dipentaskan selama 3 jam.

Menjadi dalang yang miwiti atau membuka rangkaian kegiatan, Adi berharap penampilan pertama ini bisa menjadi awal, supaya pergelaran wayang kulit yang akan berlangsung 14 kali lagi dapat menarik perhatian masyarakat serta semakin bagus.

“Supaya Kota Magelang ini selain dikenal kota yang ramah, bersih, sehat, dan bahagia, tetapi juga bisa dikenal kota berbudaya,” harap Adi saat ditemui di backstage sebelum tampil. Dari lakon yang dibawakan malam ini, Adi berharap masyarakat Kota Magelang bisa mencontoh perilaku pandawa yang senang mencari ilmu, selalu menahan diri dan hawa nafsu, dan selalu ingat kepada sang pencipta.

Baca juga:  Tiga Amunisi Perbaiki Nasib Taman Kyai Langgeng

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz yang turut hadir dalam pergelaran wayang mengatakan di tahun-tahun sebelumnya, pergelaran wayang ini terpusat di satu lokasi. Namun, untuk tahun ini disebar di beberapa lokasi dengan menampilkan beberapa dalang.

“Harapan saya, kita harus ikut mendorong budaya dan membantu meningkatkan dalang-dalang lokal yang ada di Kota ini dengan memberikan mereka tempat untuk tampil,” ujarnya. (rfk/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya