alexametrics

Pesona Kuku Macan dan Ketapang Kencana Jadi Daya Tarik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Kebun Bibit Senopati Kota Magelang memiliki koleksi tanaman langka, ketapang kencana varigata. Tanaman ini memiliki karakteristik berbatang tegak lurus, dan jarang bercabang. Daunnya berukuran kecil dan rapat.

Budi, salah satu pengelola kebun ini menyebut pohon ini adalah ikon Kebun Bibit Senopati. Karena itu jumlahnya diperbanyak. Pihaknya melakukan pembibitan dengan cara mencangkok.  “Beberapa pohon yang kami tanam merupakan hasil pembibitan,” aku Budi, Kamis (12/5).

Menurut Budi, tanaman Ketapang Kencana tak hanya untuk memperindah taman. Berfungsi juga sebagai pohon peneduh. Perawatannya pun mudah.

“Pohon ini suka di tempat dengan cahaya matahari penuh atau tidak teduh, lalu pemupukannya dua bulan sekali,” jelasnya.

Baca juga:  Hidupkan Street Mall, Tumbuhkan UMKM

Pengunjung juga bisa membeli bibitnya. Namun belum bisa memenuhi dalam jumlah banyak.  “Stoknya masih terbatas,” imbuhnya.

Tanaman fenomenal lainnya adalah tanaman merambat, bunga kuku macan (Flame of Irian). Warnanya merah cerah. Bunga ini mekar dalam waktu yang hampir bersamaan. Sehingga terlihat sangat cantik kala bermekaran. “Bunganya menggantung dan banyak. Sangat cocok untuk foto-foto,” ucapnya.

Kabid Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang Uswatun Hasanah menambahkan, pihaknya juga berupaya melakukan pembibitan bunga kuku macan. Sampai sekarang belum berhasil. Padahal permintaan dari masyarakat cukup tinggi. “Pembibitannya agak sulit,” akunya.

Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan berbagai cara, agar pembibitannya sukses. Serta menambah koleksi dan daya tarik di Kebun Bibit Senopati. (put/lis)

Baca juga:  Pelaku Vandalisme Berdalih Perbarui Karya

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya