alexametrics

Balon Udara Nyangkut di Kabel, Listrik Dipadamkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Balon udara masih beterbangan di Magelang. Bahkan ada yang jatuh nyangkut di kabel listrik di depan pabrik Patal, Secang, Kabupaten Magelang. Akibatnya aliran listrik di daerah tersebut dipadamkan selama tujuh menit.

“Iya benar, ada penemuan balon udara di depan Patal, Secang,” ujar Manager PLN ULP Magelang Kota Ferry Fernando saat dihubungi wartawan koran ini, Kamis (12/5).

Pihaknya terpaksa melakukan pemadaman emergency karena gangguan ini. Agar mempermudah petugas PLN dalam mengevakuasi balon udara tersebut.

“Petugas mengetahui kejadian ini sekitar pukul 17.40 dan pemadaman langsung dilakukan sampai penanganan selesai sekitar pukul 17.47,” jelas Ferry.

Ia mengetahui balon udara jatuh di jaringan PLN ini dari laporan warga setempat. Seketika, petugas terdekat menuju lokasi dan mengamankan balon tersebut sebelum menyebabkan gangguan aliran listrik lainnya. Jika tidak segera diamankan, ditakutkan akan menyebabkan padam meluas di tiga kecamatan. “Ini jika tidak segera ditangani Kecamatan Secang, Kecamatan Pringsurat, dan Kecamatan Kranggan akan padam semua,” ujarnya.

Baca juga:  Tak Berizin, Papan Reklame di Kawasan Pecinan Magelang Dibongkar

Alhamdulilah, semua sudah tertangani dengan baik. Petugas dengan sigap langsung mengevakuasi balon udara. Kalau tidak, pasti kabel sudah terbakar karena di dalam balon ada api yang menyala,” imbuhnya.

Ferry menjelaskan bahaya dari balon udara ini apabila mengenai jaringan listrik, menyebabkan gangguan instalasi listrik PLN. Sehingga terjadi pemadaman secara meluas. Jika sering terjadi dapat mengakibatkan kerusakan aset PLN dan akan menambah lama durasi pemadaman listrik.

Selain itu, menurutnya, balon udara menggunakan obor, apabila menjatuhi rumah atau gedung berpotensi kebakaran. Apalagi jika menyebabkan ledakan besar, akan mengakibatkan kabel PLN putus dan bisa saja mengenai warga sekitar. “Jadi pesan kita harus selalu berhati-hati dan jangan bermain balon udara tanpa awak,” ujarnya. (rfk/lis)

Baca juga:  PPSM Magelang Pantau Eks Striker Borneo FC

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya