alexametrics

Bangun Pusat IKM Rp 8,1 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Proyek Industri Kecil Menengah (IKM) Center Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang sudah mulai dibangun. Berbagai material dan alat berat sudah mulai beroperasi di lokasi pembangunan.

Berdasarkan pantauan wartawan Jawa Pos Radar Magelang, lokasi pembangunan IKM Center di samping Pasar Klitikan Sidomukti, Paten Jurang, Magersari, Magelang Selatan depan Pegadaian Cabang Magelang, aktivitas pembangunan sudah mulai terlihat sebelum Lebaran. Senin (25/4) lalu, pemancangan mini pile di atas tanah seluas 1.900 meter persegi sudah dilakukan oleh para pekerja menggunakan alat berat.

Kabid Perindustrian Disperindag Kota Magelang Hety Kusumawati mengatakan proses pembangunan ini sudah dimulai dari Kamis (14/4), dengan jangka waktu pembangunan ini 240 hari kalender atau sekitar di Desember 2022. Ia menjelaskan dana yang disiapkan untuk pembangunan ini sekitar Rp 9 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tahun 2022.

Baca juga:  Menikmati Keindahan Alam Negeri Kahyangan

“Pemenangnya berada di angka Rp 8,1 miliar,” jelasnya.

Hety menambahkan nantinya IKM Center ini akan berdiri dua lantai. Untuk lantai satu akan berbentuk seperti hall, yang akan digunakan sebagai sarana promosi dan pameran UKM di Kota Magelang. Untuk lantai dua akan berbentuk seperti ruangan-ruangan dan aula, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat pelatihan.

“Di lantai dua akan difokuskan untuk sarana pelatihan dan diskusi para pemilik UKM,” imbuhnya.

Ia berharap dengan biaya segitu IKM Center ini bisa dimanfaatkan secara baik oleh semua elemen masyarakat. Baik digunakan untuk event atau pameran maupun bisa digunakan sebagai tukar pikiran. “Kita rencanakan akan ada event di lantai satu secara rutin,” ujarnya.

Baca juga:  Jalan dan Fasilitas Umum Disemprot Disinfektan

Selain itu, di lantai dua nanti ada juga ruangan coaching clinic bisnis. Yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah atau hambatan pemilik UKM, pihaknya juga akan menyiapkan tenaga-tenaga ahli yang kompeten di UKM center.

“Ada juga ruangan studio mini, yang bisa digunakan untuk foto produk. Kesannya seperti rumahnya IKM di Kota Magelang,” ucapnya. (rfk/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya