alexametrics

Pesta Kembang Api di Alun-Alun Kota Magelang Obati Kerinduan Masyarakat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pesta kembang api dan atraksi air mancur untuk menyambut hari raya Idul Fitri di Alun-Alun Magelang Minggu (1/5/2022) malam berlangsung meriah.

Pesta kembang api sendiri dimulai usai takbir berkumandang sekitar pukul 20.30.”Sangat meriah mas, seperti tahun baru. Ada hiburan dan senang sekali,” ucap Erla warga Kota Magelang.

Erla mengaku perayaan ini seperti obat rasa rindu. Mengingat hampir kurang lebih hampir tiga tahun pandemi dan tidak ada perayaan seperti ini, baik saat tahun baru maupun hari besar lainnya. “Seperti tahun baru, gayeng tenan pokoknya,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan Vava Fatiman, warga Tuguran ini mengaku sangat senang dengan adanya pesta kembang api ini. Ia berharap suasana seperti ini dapat terjadi di tahun baru nantinya. “Semoga pandemi benar-benar berakhir, dan tahun baru nanti bisa lebih meriah,” ujarnya.

Baca juga:  Tak Bebani Ahli Waris, Biaya Pemakaman Covid-19 Gratis

Pesta kembang api pada malam takbiran tersebut merupakan pertama kali dilaksanakan di Kota Magelang. Sebelum adanya pandemi Covid-19, atraksi tersebut hanya dilakukan pada perayaan tahun baru.

Sambil menungu pelaksanaan pesta kembang api, masyarakat setempat dihibur dengan atraksi air mancur menari yang ada di sisi barat alun-alun atau tepat di depan Masjid Agung Kauman Magelang. Air mancur menari tersebut, hampir dua tahun terakhir tidak diaktifkan karena adanya pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis didampingi Wakil Wali Kota Mansyur, Sekda Joko Budiyono dan Forum Pimpinan Daerah melaksanakan takbiran di serambi Masjid Agung Kauman.

“Pesta kembang api ini untuk merayakan kemenangan setelah satu bulan kita umat Islam melaksanakan ibadah puasa,” kata Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis.

Baca juga:  Blok Hunian Lapas Magelang Digeledah

Nur Azis mengatakan, pesta kembang api tersebut juga merupakan wujud syukur wabah pandemi Covid-19 di Kota Magelang sudah menurun tajam, bahkan sejak beberapa bulan lalu telah mencapai nol kasus.

Ia berharap, pandemi Covid-19 di seluruh penjuru nusantara bisa segera berakhir. Namun, ia juga mengingatkan masyarakat Kota Magelang tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. (rfk/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya