alexametrics

Minimalisasi Kendala, Pusat UTBK Untidar Gelar Uji Coba Perangkat dan Sistem

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Universitas Tidar (Untidar) kembali ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) Tahun 2022. Persiapan penyelenggaraan seleksi berskala nasional ini salah satunya adalah uji coba sistem serentak.

“Kesiapan perangkat berupa komputer serta jaringan masing-masing lokasi penyelenggaraan UTBK-SBMPTN perlu dicek dan disiapkan agar tidak ada kendala saat ujian berlangsung nantinya,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Noor Farid, M.Si., Kamis (28/4).

Pusat UTBK Untidar selain menyelenggarakan UTBK di kampus utama juga menggandeng 7 mitra sekolah. Yaitu SMAN 2 Kota Magelang, SMAN 4 Kota Magelang, SMAN 5 Kota Magelang, SMKN 1 Kota Magelang, SMKN 2 Kota Magelang, SMAN 1 Kota Mungkid dan SMK Ma’arif Kota Mungkid.

Baca juga:  752 Peserta UTBK Berebut Kursi PTN

“Uji coba ini dilakukan tidak hanya di lokasi pusat UTBK Untidar namun serentak seluruh Indonesia pada Rabu dan Kamis ini,” tambahnya.
Selain uji coba perangkat dan jaringan ada rangkaian kegiatan simulasi UTBK lain yang dilaksanakan. Seperti membuka segel ujian, uji coba pelaksanaan ujian (peserta ujian adalah teknisi ruang dan atau pengawas, dan soal ujian adalah soal dummy).

Pengawas mengirimkan berita acara pelaksanaan ujian (BAPU) per ruangan di aplikasi pengawas. Download BAPU, upload hasil ujian ke dashboard UTBK, download berita acara hasil ujian di dashboard, dan menghapus data ujian (peserta dan paket ujian).

Secara keseluruhan uji coba di pusat UTBK Untidar berjalan lancar hanya ada beberapa kendala minor seperti kabel mati dan memerlukan perbaikan dan setingan komputer belum sesuai.

Baca juga:  Tunggu Calon dari Parpol

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Tahun 2022 ini akan diselenggarakan dalam 2 gelombang. Yaitu gelombang 1 pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang 2 pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Adapun jumlah pendaftar yang akan mengikuti ujian di pusat UTBK Untidar sebanyak 8.402 orang. Keterisian kursi untuk kategori soshum dan saintek total 8.088 orang, dan keterisian kursi kategori campuran sebanyak 314 orang. (bis/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya