alexametrics

Guru Rasa Meriahkan Peringatan 100 Tahun Chairil Anwar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Memperingati 100 tahun Chairil Anwar, Komite Sastra Dewan Kesenian Kota Magelang (DKKM) mengadakan Guru Rasa (Guyub Rukun Rabu Sastra). Acara bertempat di Loka Budaya Soekimin Adiwiratmoko, Kota Magelang, Rabu (27/4) dimulai pukul 20.30.

Lampu warna-warni kerlap-kerlip berpijar di gedung Loka Budaya yang berada di sebelah selatan Alun-alun Kota Magelang. Lantunan puisi dari para sastrawan Magelang Raya terdengar mendayu.

Sekretaris DKKM Danu Wiratmoko mengatakan kegiatan ini untuk mengaktifkan kembali sastra di Kota Magelang. Guru Rasa diikuti 17 seniman sastra yang ada di Magelang Raya. Mereka membawakan karya-karya Chairil Anwar.

Danu menjelaskan periode DKKM tahun ini pihaknya ingin menyelenggarakan kegiatan sastra yang berimbang dengan kegiatan seni yang lain. Ia ingin seni sastra bisa kembali hidup di Kota Magelang. “Apalagi antusias dari seniman sastra yang mendukung kegiatan ini cukup tinggi,” ujarnya.

Baca juga:  Tawarkan Kuliner Lodeh Jantung Pisang dan Jenang Pepaya

Ia mengaku kegiatan ini merupakan langkah dari DKKM untuk terus menghadirkan acara kesenian di Kota Magelang. Nantinya kegiatan seperti ini akan ada di setiap hari Rabu akhir bulan.

“Jadinya kegiatan ini akan terus berlanjut setiap bulan. Namun, untuk tema atau seni yang akan ditampilkan akan kita buka kesempatan kepada komunitas atau personal yang akan mengisi acara ini,” ucapnya.

Pihaknya berharap Guru Rasa tidak hanya diinisiasi dari DKKM. Tapi, nanti seniman-seniman akan diajak dan dimintai pendapat untuk tema acaranya. “Kita ingin memfasilitasi para seniman untuk berani menampilkan hasil karya mereka agar bisa dinikmati oleh semua elemen masyarakat,” imbuhnya.

Karena sudah ada beberapa grup yang tertarik ingin tampil. Dan pihaknya tinggal mengatur jadwalnya saja. (rfk/lis)

Baca juga:  Destinasi Wisata Harus Maksimalkan Konten Digital

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya