alexametrics

Arus Mudik Diprediksi Mulai Hari Ini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Menjelang Lebaran, suasana di Terminal Tidar Magelang, Senin (25/4) masih lengang. Kedatangan para pemudik ke Terminal Tidar Magelang diprediksi mulai Selasa (26/4) ini.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang Joko Purnomo mengatakan mulai Senin (25/4) malam pemudik sudah berdatangan. Namun, untuk puncaknya diprediksi pada H-3 sebelum Lebaran (29/4).

“Lonjakan kedatangan penumpang ke terminal, kami perkiraan dimulai pada H-7 ini. Puncaknya pada H-3. Mengingat tahun ini sudah diperbolehkan untuk mudik oleh pemerintah,” ucapnya.

Terminal Tidar Magelang berdasarkan arahan dari Kementerian Perhubungan juga akan menerima kedatangan mudik gratis. Sekitar 20 bus, yang akan datang mulai Kamis (28/4) sampai Minggu (1/5). “Kedatangan bertahap dalam waktu empat hari itu,” ujarnya kepada wartawan koran ini di kantornya, Senin (25/4).

Baca juga:  Bentangkan Seribu Meter Bendera Merah Putih

Joko menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan dalam mengantisipasi lonjakan penumpang. Salah satunya dengan menyiapkan fasilitas tempat duduk bagi penumpang di ruang tunggu. Disamping itu, pengelola juga akan menyiapkan pos kesehatan bagi para pemudik yang tiba di terminal. Sedangkan di lingkungan terminal tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat meski kasus Covid-19 melandai.

Pihaknya juga menyiapkan layanan pemeriksaan kesehatan. Hal ini untuk memastikan keadaan para sopir sehat untuk mengemudikan armadanya. Mengingat mereka akan menempuh perjalanan yang panjang ke sejumlah kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sementara itu, agen penjual tiket Terminal Tidar Kota Magelang Titin, 47, mengaku permintaan tiket bus perlahan mulai naik. Ia mengatakan, tujuan pemudik merata hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga:  Jamselinas X Digelar Secara Virtual, Gowes dari Kota Masing-Masing

Di antaranya, tujuan Denpasar, Surabaya, Lampung, Medan, Jakarta, hingga Bandung. Mereka kebanyakan berangkat mulai Rabu (27/4) “Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan. Pemudik tahun ini lebih merata. Kalau tahun sebelumnya kan mudik itu terbatas dan ada larangan juga,”ucapnya. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya