alexametrics

Karya Siswa SMKN 3 Magelang Tampil di Indonesia Fashion Week

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Karya empat desainer muda asal SMK Negeri 3 Magelang menasional. Berhasil tampil di Indonesia Fashion Week (IFW) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC). Mereka adalah Rizka Amanda Putri, Arum Ayuning Tyas, Bernika Giva Septimorani, dan Heru Krisnanto.

Keempat siswa itu menempuh Program Keahlian Tata Busana di kelas XII Busana 1. Mereka menampilkan empat oufit dengan mengusung tema “Treasure of Magnificent Borneo”.

Busana ini terinspirasi dari cerita di balik rahasia salah satu kota terpencil di bumi Kalimantan. Saranjana merupakan kerajaan atau kota besar alam gaib yang dipercaya berada di Kalimantan Selatan. Lokasi tepatnya di Pulau Halimun atau Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru. Kota yang tidak terdapat dalam peta.

Baca juga:  Santai dan Stylish dengan Crop top

Busana ini didominasi unsur warna biru, kuning, putih. Menggambarkan keagungan dan ketenangan dalam kehidupan. Bahan yang digunakan juga cukup berani. Yakni kain sintetis, tulle.

Serta kombinasi kain tie die bermotif geometris dan abstrak, yang merupakan kain produk unggulan dari kompetensi keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang, yaitu merek d’JeLiPat. Elemen-elemen ini menguatkan gaya feminisme classic yang dihadirkan dalam koleksi tersebut.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana bangga dengan para siswanya itu. Karya ini juga merupakan perkembangan dari kurikulum berbasis industri. Sekolah berkolaborasi dengan industri untuk menentukan capaian pembelajarannya. “Penyusunan kurikulum ini didampingi oleh tim dari lembaga pendidikan Lasalle dari Surabaya dan tim desainer Poppy Dharsono,” ujarnya Minggu, (17/4).

Baca juga:  Jalan dan Fasilitas Umum Disemprot Disinfektan

Ia juga kagum dengan kegigihan siswa laki-laki yang mampu mempersembahkan karya terbaiknya. Ini membuktikan, bahwa siswa laki-laki bisa menampilkan karyanya melalui desain dan jahitannya. “Semoga dari ajang IFW ini, semua karya siswa diakui dan diterima sebagai karya SMK secara nasional,” tambahnya.

Desainer muda, Rizka Amanda Putri, terkejut saat karyanya terpilih untuk ditampilkan di IFW. Kabar ini sontak membuat air matanya berderai. “Sama sekali nggak menyangka dapat kesempatan ini,” ucapnya.

Di sana, ia bertemu langsung dengan para desainer nasional. Melihat lebih dekat karya mereka. Sejak itu, ia menjadi lebih semangat untuk mewujudkan mimpinya, membuka butik dan menjual hasil karyanya. (put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya