alexametrics

DPUPR Kota Magelang Ajak Warga Kuras Septic Tank secara Berkala

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang mengajak masyarakat menguras septic tank secara berkala. Ini guna mencegah pencemaran lingkungan. Idealnya tampungan limbah dari toilet disedot minimal tiga tahun sekali.

Akan bahaya jika septic tank tidak dibersihkan. Limbah toilet akan menumpuk. Membuat korosi, dan menyebabkan septic tank menjadi bocor. “Akibatnya, air limbah toilet rembes atau meresap ke tanah,” kata Kepala DPUPR Kota Magelang MS Kurniawan Minggu (10/4).

Masyarakat dapat mendaftar Layanan Limbah Tinja Terjadwal (L2T2) maupun yang insidentil melalui aplikasi Senja (Sedot Tinja). “Bisa telepon atau datang langsung ke kantor DPUPR dan akan segera kami respon,” jelas Wawan, sapaan akrab MS Kurniawan.

Baca juga:  Sehari Pernah Kawal 12 Ambulans

Pihaknya juga akan mengoptimalkan Pengolahan Air Limbah Domestik (PAL-D) yang berada di Dumpoh, Magelang Utara. Dikonsep menjadi wisata edukasi, terbuka untuk kalangan pelajar dan umum. “Kita buat orang nyaman berkunjung ke sana, dan tidak akan mencium bau menyengat, karena limbah-limbah itu kami kelola dengan baik,” ujarnya.

Sudah seharusnya, limbah tinja berakhir di PAL-D, bukan di septic tank. Sehingga air di Kota Magelang terjaga kebersihannya. Sementara air limbah yang dikelola di PAL-D dengan teknologi tinggi akan dibuang kembali ke sungai, tanpa mencemari lingkungan. Sedangkan lumpur tinja yang tersisa digunakan untuk pupuk organik. (put/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya