alexametrics

Kesenian Digelontor Rp 100 Juta

Artikel Lain

RADRASEMARANG.ID, Magelang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang menyiapkan anggaran Rp 100 juta, untuk membantu meningkatkan kebudayaan dan kesenian di Kota Magelang.

“Dana ini diharapkan dapat membangkitkan serta menggerakan kebudayaan dan kesenian di Kota Magelang,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papa Riyadi.

Nantinya dana akan dikelola Dewan Kesenian Kota Magelang (DKKM). Ia juga akan menggandeng pihak lain, seperti Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Magelang dan pihak-pihak lainnya.

“Dengan harapan pihak-pihak ini dapat memberikan support tambahan. Mengingat dana pemerintah kota terbatas dan sudah terbagi-bagi. Sehingga butuh menggandeng semua elemen masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya akan mempermudah izin penggunaan tempat. Apalagi saat ini sudah ada gedung Loka Budaya Drs. Soekimin Adiwiratmoko, yang bisa menjadi sentra kesenian dan kebudayaan di Kota Magelang.

Baca juga:  Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas

Papa megaku gedung ini juga masih memiliki sisa lahan yang cukup luas sekitar 200 meter. Nanti akan dibangun untuk penambahan ruang yang bisa digunakan pentas. Seperti seni, karawitan, maupun tarian. “Kita siapkan dana Rp 1,2 miliar dari pemerintah,” imbuhnya.

Ada tiga tempat yang sudah disiapkan untuk para seniman. Yakni Loka Budaya Drs. Soekimin Adiwiratmoko, Mantyasih, dan Rumah Budaya di eks Dinas Pendidikan Magelang Tengah. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya