alexametrics

Virtual Metaverse untuk Ketep Volcano Theatre

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass Kabupaten Magelang tetap mengoperasikan Ketep Volcano Theatre di masa pandemi Covid-19. Namun dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Kapasitas ruangan dibatasi. Kini hanya 50 persen dari kapasitas total sebanyak 80 seat.

“Kami mengikuti level PPKM,” ujar Kabag Pemasaran dan Promosi BPOW Ketep Pass Edwar Alfian kepada Jawa Pos Radar Magelang, Senin (21/3). “Kemarin pas level 4, hanya 25 persen,” imbuhnya.

Di teater ini, BPOW Ketep Pass menayangkan dua film. Pertama, Nafas Bumi Merapi yang cenderung berisi edukasi. Peminat biasanya  para pelajar yang berkunjung untuk studi wisata. Film kedua, Merapi Tak Pernah Ingkar Janji.  “Itu film dokumenter letusan dahyat Merapi pada tahun 2010,” kata Edwar.

Baca juga:  Polres Magelang Kota Tanam 60 Pohon di Gunung Tidar

Melalui Ketep Volcano Theatre yang juga terdapat Volcano Center, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih paham bagaimana Gunung Merapi dan mitigasi menghadapi erupsinya. Lebih-lebih sejak berstatus siaga sejak 5 November 2020.

“Kalau masyarakat nggak paham kan bisa ketakutan. Kalau paham karakteristik Merapi saat ini, masyarakat bisa lebih tenang,” terang Edwar.

Sebelumnya Direktur Utama BPOW Ketep Pass Mul Budi Santoso juga menyampaikan, berencana mengembangkan Ketep Volcano Theatre dengan teknologi baru bernama virtual metaverse. Sementara, masih dalam tahap konsultasi bersama anak-anak multimedia Jogjakarta.

Mul menyadari, tahapan mencapai teknologi itu masih sangat jauh. Biayanya juga tidak sedikit. “Tapi kami tetap ada arah untuk ke sana. Demi kemajuan pariwisata Kabupaten Magelang,” bebernya. (rhy/lis)

Baca juga:  Sempat Deg-degan, Ternyata Nggak Sakit

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya