alexametrics

Kebutaan Katarak Bisa Disembuhkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Para dokter spesialis mata (Oftalmologis) Kota Magelang menggelar operasi katarak gratis. Sasaran bakti sosial ini adalah warga Kota Magelang yang tidak memiliki BPJS Kesehatan, maupun jaminan asuransi lainnya. Kegiatan ini turut menjadi rangkaian menyambut Hari Jadi ke-1.116 Kota Magelang.

Ketua Panitia Kegiatan dr Dwidjo Pratiknjo menyebut, pihaknya telah menangani 16 pasien. Ia harap bakti sosial ini dapat mengurangi angka kebutaan akibat katarak, khususnya di wilayah Kota Magelang dan sekitarnya.

Setidaknya, 77,7 persen kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak atau kekeruhan lensa mata. Katarak merupakan proses degeneratif yang sangat dipengaruhi umur. Adapun prevalensi kebutaan akibat katarak pada penduduk umur 50 tahun ke atas di Indonesia sebesar 1,9 persen.

Baca juga:  Kelurahan Wates Optimistis Kembali Zona Hijau

“Kebutaan akibat katarak merupakan kebutaan yang dapat disembuhkan melalui operasi,” kata Dwidjo, usai pelaksanaan operasi Ruang OK RSUD Tidar Kota Magelang, Minggu (20/3).

Namun besarnya proporsi kebutaan akibat katarak menunjukkan masih banyaknya penderita katarak yang belum dioperasi. Keterbatasan biaya karena sosial ekonomi menjadi faktor terbesar.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengapresiasi. Atas perhatian dan kerelaan memberikan pelayanan yang berdampak pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat, dengan penglihatan yang baik. (put/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya