alexametrics

Kasus Covid-19 Menurun, Pemkot Magelang Akan Tutup Satu Lokasi Isoter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pemkot Magelang berencana menutup salah satu isolasi terpusat (isoter) pasien Covid-19. Jika tidak Hotel Borobudur, maka pilihannya Hotel Safira. Rencana penutupan ini karena jumlah kasus aktif di Kota Magelang menurun. Terpantau sejak pekan lalu.

“Sepertinya Hotel Safira (akan ditutup, Red),” kata Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, pekan lalu.

Diketahui, Hotel Safira mulai difungsikan sebagai isoter per 21 Februari lalu. Pemkot mengontrak hotel ini selama dua bulan. Sebanyak 52 kamar dengan 104 tempat tidur digunakan untuk hunian sementara para pasien Covid-19, maupun yang masih suspect. Satu kamar untuk dua pasien.

Per 12 Maret, isoter Hotel Borobudur dihuni enam pasien. Dua laki-laki, empat perempuan. Total kamar yang terpakai empat. Tersisa 33 kamar. Sementara isoter Hotel Safira dihuni tujuh pasien. Satu laki-laki, enam perempuan. Hanya tujuh kamar yang terpakai. 45 kamar kosong, tak berpenghuni.

Baca juga:  Gubernur Akmil: Jangan Sok Hebat, karena Covid-19 Ini Ada

Sementara itu, pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Magelang terus menurun jumlahnya. Kini terdapat 634 pasien yang masih terkonfirmasi Covid-19.

“Sebanyak 177 di rawat di rumah sakit dan sisanya, 457 pasien menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi Minggu (13/3).

Dari 177 pasien terkonfirmasi yang dirawat di rumah sakit, 162 diantaranya dirawat di ruang isolasi. Sedangkan pasien yang lainnya berada di ruang ICU. Menurut Nanda untuk okupansi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Magelang masih aman. “Untuk okupansi tempat tidur di rumah sakit di wilayah ini terisi 26,34 persen. Meliputi, 24,07 persen di ruang isolasi dan 41,67 persen di ruang ICU/HCU,” papar Nanda.

Baca juga:  Langkah Sederhana Selamatkan Lingkungan

Di samping itu, tempat isolasi terpadu pasien Covid-19 di Bapelkes Salaman tetap disiagakan. Meskipun saat tidak ada pasien. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi ledakan kasus. (put/man/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya