alexametrics

Long Weekend, Gunung Tidar Dipadati Wisatawan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Libur Isra Mikraj 2022, wisatawan dan peziarah memadati objek wisata Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang, Senin (28/2).

Meskipun Kota Magelang PPKM Level 4, antusias masyarakat untuk berwisata cukup tinggi. Tercatat pada pukul 12.00 sekitar 872 tiket sudah terjual dari pagi hari. Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar Yhan Noercahyo Wibowo mengatakan selama libur Isra Mikraj ini pihaknya tetap membuka wisata Kebun Raya Gunung Tidar. Dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Seperti mengarahkan para pengunjung untuk mencuci tangan terlebih dahulu, cek suhu, pemakaian masker, jaga jarak dan lainnya. Apalagi selama PPKM level 4 jumlah wisatawan yang berkunjung dibatasi hanya 25 persen dari kapasitas wisata Kebun Raya Gunung Tidar.

Baca juga:  Hilang Kendali, Truk Boks Terguling di Jalan Raya Magelang-Jogjakarta

“Kita batasi 1.000 orang, kalau biasanya kunjungan wisatawan atau peziarah bisa mencapai 3.000 orang. Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan di puncak dan jalur turun,” ucapnya.

Ia menambahkan, kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Gunung Tidar sebelum Covid-19 dan di masa normal setelah Covid-19 sangat berbeda. Saat ini kondisi normal setelah Covid-19 tingkat kunjungan 300 hingga 400 pada hari biasa. Kalau hari libur hanya 1.000 orang. Padahal sebelum Covid-19 kunjungan bisa 1.500 sampai 2.000.

“Tapi kita tetap bersyukur, tempat wisata Kebun Raya Gunung Tidar masih menjadi daya tarik masyarakat saat berkunjung ke Kota Magelang,” imbuhnya.

Meski ada peningkatan pengunjung, Yhan menyampaikan bahwa angka tersebut masih jauh dari kapasitas maksimal pengunjung 25 persen selama PPKM level 4 di Kota Magelang. Ia berharap dengan angka batas maksimal 25 persen sebagai langkah meminimalisasi penyebaran Covid-19 varian Omicron. (rfk/lis)

Baca juga:  BNPT Rp 1,2 Juta dari Kemensos Cair

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya