alexametrics

Longsor, Rumpun Bambu Timpa Rumah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Magelang Sabtu (12/2) mengakibatkan tanah longsor. Rumpun bambu di pinggir tebing tumbang menimpa rumah Djaenab, warga Samban Kidul RT 10 RW 06 Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah.

Seorang warga setempat Tina menceritakan, sebelum terjadi longsor, dari tebing belakang rumahnya terdengar suara gemuruh. Seperti kayak retakan tanah. Pada pukul 17.30 WIB, suara gemuruh semakin keras terdengar dan seketika terjadi longsor yang mengakibatkan pohon bambu di tebing itu ikut berjatuhan.

“Saat saya keluar rumah, ternyata pohon bambu sudah jatuh dan menimpa rumah samping saya,” ujarnya sambil melayani makanan untuk para pekerja dan tenaga relawan yang ikut dalam proses evakuasi Minggu (13/2).

Baca juga:  Longsor, Dua Titik Belum Bisa Dilintasi

Tina mengaku, saat kejadian, tetangganya sedang tidak ada di rumah. Jadi saat terjadi longsor dan pohon tumbang, tidak ada korban jiwa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Magelang Hadiono mengatakan, kerugian material ditaksir sekitar Rp 1 juta. Sebab beberapa genteng rumah rusak akibat tertimpa bambu.

Ia mengimbau masyarakat untuk mulai waspada dengan kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi, atau bencana yang diakibatkan oleh cuaca. Misalnya bencana tanah longsor, puting beliung, banjir sampai pohon tumbang. Apalagi saat ini Kota Magelang dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan. Meski puncaknya masih beberapa bulan ke depan. “Masyarakat harus waspada, terutama di daerah rawan bencana,” imbuhnya. (rfk/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya