alexametrics

Pokmas Harus Didampingi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Kelompok masyarakat (pokmas) memiliki peran penting dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat maju, sehat dan bahagia (Rodanya Mas Bagia). Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang Iwan Soeradmoko berharap pendampingan untuk pokmas ini dari stakeholder terkait.

Iwan mengatakan pokmas dan pendamping ini baru terbentuk di awal tahun. Jadi perlu adanya penyesuaian antara masyarakat, dengan pokmas dan pendamping. Ia berpesan kepada instansi-instansi terkait serta Pemkot Magelang untuk memberikan pendampingan dan tetap mendapatkan pembinaan.

“Jangan hanya dilepas saja. Nantinya jika ada kekeliruan pokmas yang akan terkena dampaknya,” ucap Iwan usai pelaksanaan konsolidasi di ruang sidang DPRD Kota Magelang, Jumat (11/2).

Dalam konsolidasi ini, banyak keluhan dari pokmas. Pokmas Jurangombo Utara Yuli mengaku ada permasalahan yang dialaminya. Seperti di wilayah RW 5 terkait rencana kerja masyarakat (RKM) sangat sulit merealisasikan dan menyusun, terutama RKM wajibnya.

Baca juga:  Jembatan Gantung Ngembik Sudah Tak Layak

Karena jumlah warganya tidak lebih dari 11 KK, dan yang domisili Kota Magelang hanya delapan KK. Apalagi wilayah di RW 5 RT 3 hanya 800 meter persegi. “Jadi mau membuat RKM fisik, mau bangun apa. Kami mohon arahan dan solusinya,” ucap Yuli.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Larsita, Asisten 1 Pemerintah Kota Magelang, DPM4KB, Bappeda. Mereka sepakat pemerintah akan senantiasa mendukung dan mengawal pokmas dalam menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat.

“Jika ada permasalahan dan masukan dari pokmas bisa segera disampaikan, kita selalu terbuka,” ucap Larsita, Asisten 1 Pemerintah Kota Magelang yang turut hadir. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya