alexametrics

Dikira Ban Meletus, Ternyata Rumah Terbakar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Semula diduga suara ban truk meletus, ternyata, api telah mengamuk. Membakar lantai dua, rumah di Jalan Belimbing no 1, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang Sabtu (22/1).

Kebakaran yang terjadi di lantai dua rumah Nanik Hastuti, 70, terjadi sekitar pukul 12.00. Akibatnya, seluruh barang-barang yang berada di lantai tersebut hangus terbakar. Nanik mengaku semula mendengar suara letusan.

“Saya baru masak, mendengar suara letupan sampai tiga kali. Saya kira suara truk, ternyata ada asap yang berasal dari lantai dua. Saat mau dicek suami saya, api sudah telanjur besar dan merembet ke mana-mana. Seketika saya teriak kebakaran,” jelas Nanik kepada wartawan koran ini.

Baca juga:  Tanpa Sketsa, Perajin Topeng Buto Ini Hanya Mengandalkan Insting saat Berkarya

Ia mengatakan lantai dua merupakan gudang dan kamar. Nanik mengaku barang-barang yang terbakar seperti tempat tidur, televisi, handphone, dan beberapa dokumen serta uang tunai. “Saya belum tahu nominal uang yang saya simpan di kamar atas ini ada berapa,” imbuhnya.

Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Magelang Heru Kurniawan mengatakan pihaknya mendapat laporan adanya kebakaran sekitar pukul 11.50 dari pemilik rumah Nanik Hastuti. Saat sampai ke TKP api sudah besar, namun belum sampai merembet ke semua bagian rumah dan rumah sampingnya.

Heru menjelaskan tim peleton A yang diterjunkan berhasil memadamkan api sekitar 60 menit. Ia mengaku kendala yang dihadapi, kondisi TKP yang harus masuk gang dan hanya bisa dimasuki satu kendaraan pemadam saja. “Alhamdulillah, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan hanya mengalami kerugian material saja,” jelasnya.

Baca juga:  Pengadilan Agama Magelang Jalin Kerja Sama Lintas Instansi

Ia menambahkan sampai saat ini dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik dan kerugian yang dialami sekitar Rp 30 juta. Namun, hal ini juga masih dalam penyelidikan petugas kepolisian.

Heru mengaku curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini di Kota Magelang membuat timbulnya genangan air di sekitar rumah. Selain menimbulkan genangan, tetesan air hujan yang merembes dari atap rumah juga kerap memicu terjadinya korsleting listrik.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengecek kondisi alat-alat listrik di rumahnya,” ujarnya. (rfk/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya