alexametrics

Tak Bayar Pajak, Bakso Balungan Pak Granat Diperingatkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang bersama tim gabungan menggeruduk restoran Bakso Balungan Pak Granat, Rabu (19/1). Mereka memasang spanduk  tanda peringatan belum membayar pajak.

Sekretaris BPPKAD Farnia Berliani menuturkan, pemasangan spanduk bertajuk “Tidak Membayar Pajak” ini dilakukan untuk memberikan efek jera. Pasalnya, pemilik restoran yang berlokasi di Blabak, Kecamatan Mungkid, ini memang tidak membayar pajak.

“Pemasangan (spanduk peringatan, Red) merupakan sanksi awal. Nantinya jika masih tidak membayar akan ditutup secara permanen,” tegas Farnia.

Pemasangan tanda peringatan tersebut, lanjut Farnia, sesuai ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang No. 13 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah beserta perubahannya. Serta Peraturan Bupati Magelang No. 44 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pemungutan Pajak Daerah beserta perubahannya. Sehingga pihaknya memiliki kewajiban melaksanakan penagihan.

Baca juga:  Hanya 74 Orang yang Lolos Seleksi

“Pihak kami sudah berupaya memberikan peringatan sebanyak tiga kali. Namun, pemilik tidak mengindahkan imbauan yang diberikan,” tutur Farnia.

Dia menjelaskan, tunggangan pajak seharusnya sebesar 10 persen dari total pendapatan restoran per bulan. Pajak ini dibayarkan kepada Pemda Kabupaten Magelang. “Kami meminta pajak bukan dari restoran, akan tetapi pajak dipungut dari setiap pelanggan yang disetorkan,” kata Farnia.

“Hal ini tidak mengganggu operasional, tidak menggangu modal restoran juga biaya lainnya,” imbuhnya.

Menurutnya, pelaku usaha di Kabupaten Magelang sebagian besar taat pajak. Namun, ada beberapa usaha yang tidak taat pajak. Sementara sisanya  masih dalam pendataan. BPPKAD mengimbau, melalui peringatan ini, pelaku usaha akan tertib membayar pajak.

Baca juga:  Libur Sekolah Dua Minggu

Sebab sudah menjadi kebutuhan. Pajak juga akan bermanfaat untuk pembangunan Pemda Magelang. “Ke depan kami akan melakukan treatment sesuai dengan aturan yang berlaku bersama UPT terkait,” ucap Farnia. (mg2/mg3/rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya