alexametrics

Perayaan Natal Gereja Santo Ignatius Mencerminkan Keharmonisan Antarumat Beragama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Umat Katolik dan Kristen merayakan Natal bersama di pendopo Gereja Santo Ignatius. Mereka bersukacita dalam balutan acara bertajuk “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”.

Lima penari dari Shekinah Dancer mendapat kesempatan membuka acara itu. Mereka membawakan tarian Tamborin. Sebuah tarian kenabian, sebagai alat untuk menyampaikan pesan Tuhan berdasarkan ayat-ayat Alkitab.

Selanjutnya, grup vokal kuartet Javora berhasil menyita perhatian dengan suara emas mereka. Adalah Natalia, Oca, Stela, dan Calista, membawakan lagu berjudul “Natal di Hatiku” ciptaan Jonathan Prawira. Dinyanyikan penuh penghayatan. Tetap totalitas meski harus bernyanyi pakai masker, karena mengikuti ketentuan protokol kesehatan (prokes).

Romo Bonifacius Dwi Yuniarto Nugroho, Pr, menyampaikan kotbah, bahwa Natal untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Melalui Natal, Allah ingin berkomunikasi dengan manusia untuk menyampaikan bahasa kasih dan damai. “Dari sana lah persahabatan, persaudaraan,  tumbuh dan berkembang,” ungkapnya, Rabu, (12/1), sore lalu.

Karena itu, ia mengajak umat Kristiani untuk selalu dekat dengan Tuhan. Memelihara cinta kasih dan kedamaian. Apalagi dalam kondisi pandemi belum berakhir. Masih banyak yang mengalami ketakutan dan kesulitan. Belum lagi marak ujaran kebencian.

Penanggung Jawab Ibadah Gregorius Yulityas Pratyaksa mengatakan, kegiatan ini untuk menggerakkan persaudaraan melalui cinta kasih Kristus.  Ketua Panitia Natal Kota Magelang Tahun 2022 Maria Yosephine mengungkapkan, selama pandemi baru kali ini bisa kembali merayakan Natal bersama. Dua tahun yang lalu, perayaan Natal diikuti 3.000 umat Kristiani. “Saat ini hanya terbatas untuk 300 orang, karena prokes,” imbuhnya.

Perayaan Natal ini juga mencerminkan keharmonisan antarumat beragama. Acara berakhir sebelum waktu salat Maghrib bagi umat Islam. Hadir dalam acara ini Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, mewakili Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz. Joko didampingi Staf Ahli Machbub Yani Arfian, serta Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno. (mg1/put/lis)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya