alexametrics

PTM 100 Persen di Kota Magelang Dimulai Akhir Januari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang bersiap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen untuk SD dan SMP. Menurut rencana dimulai minggu keempat Januari. Disdikbud masih mematangkan teknis pelaksanaan yang terbaik untuk warga sekolah.

Kepala Disdikbud Kota Magelang Kustomo mengatakan, Kota Magelang berada pada PPKM level 1. Kemudian kasus Covid-19 menurun. Selain itu adalah program vaksinasi usia 6-11 tahun sudah dilakukan sejak 31 Desember 2021 lalu. Dari hasil uji petik PTM terbatas selama ini, juga tidak ditemukan penularan Covid-19. Bahkan uji petik akan tetap dilanjutkan selama masa PTM 100 persen berjalan.

“Kita juga dikelilingi wilayah Kabupaten Magelang, di sana juga sudah level 1,” ujarnya ditemui di kantornya Kamis, (6/1).

Baca juga:  Kampung Pancasila Cegah Intoleransi

Meski kondisi saat ini terlihat baik, pelaksanaan PTM 100 persen nantinya tidak akan luput dari protokol kesehatan (prokes). Fasilitas tempat cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer harus terjamin. Para guru dan siswa tidak boleh melepas masker selama PTM. Selama di lingkungan sekolah, wajib dalam kondisi sehat, bersuhu tubuh normal.

Kustomo juga menginginkan orang tua untuk mengantar-jemput siswa. Demi menghindari kontak langsung dengan orang asing. Kalaupun siswa terpaksa ke sekolah naik transportasi umum, harus menjaga jarak selama di dalam kendaraan. Selanjutnya, tiap sekolah harus menyediakan ruangan isolasi sementara. “Kita jaga agar aman,” imbuhnya.

Kapasitas maksimal tiap kelas dia tetapkan 32 siswa. Yang saat ini masih dikaji adalah soal alokasi waktu PTM. Apakah menggunakan ukuran 30 menit per mata pelajaran, atau kah 40 menit. “Rencananya 6 jam pelajaran dalam sehari, sebelumnya 4 jam pelajaran,” jelasnya. (mg1/mg4/put/ton)

Baca juga:  ‘Warta Korona’ Sayatan Hati Pekerja Media

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya