alexametrics

Pokmas Kawal Rodanya Mas Bagya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pemkot Magelang libatkan 48 ketua kelompok masyarakat (pokmas) sebagai garda terdepan pelaksanaan program pemberdayaan maju, sehat, dan bahagia (Rodanya Mas Bagya). Mereka diberi pembekalan.

Pematerinya dari Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dan Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Kota Magelang. Selain ketua pokmas, tenaga pendamping program Rodanya Mas Bagya tingkat kota, kecamatan dan kelurahan ikut serta dalam pembekalan itu. Jumlahnya 21 orang.

Kepala Bagian Pemerintahan M Yunus menjelaskan, pembekalan ini sebagai upaya penguatan kelembagaan dan kapasitas bagi pokmas yang telah terbentuk di kelurahan se-Kota Magelang. Pada tahap awal, pembekalan dilaksanakan untuk para ketua pokmas. Dengan harapan agar lebih memahami terkait mekanisme pekerjaan swakelola tipe 4.

Baca juga:  Siswa Sanggar Tari Adu Kebolehan

“Secara garis besar tugas pekerjaan tersebut meliputi tugas dalam pengadaan barang atau jasa, dan penatausahaan keuangan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Yunus, Selasa, (4/1).

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menuturkan, Rodanya Mas Bagya merupakan janji politiknya. Berharap program unggulan ini dilaksanakan secara utuh untuk kepentingan bersama. “Ini bukti bahwa janji tidak di lisan saja,” tandas dokter Azizi.

Ia dibantu OPD. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai target. Disebutkan, Pemkot Magelang mengalokasikan anggaran Rp 30 juta per RT per tahun.

“Anggaran tersebut harus digunakan selektif dan sebaik-baiknya, sehingga akan menjadi kekuatan baru,” imbuh wali kota bergelar dokter spesialis penyakit dalam dan konsultasi ginjal itu. Namun ia menggarisbawahi, program ini harus dikawal bersama-sama. Serta kesuksesan program ini tidak bisa instan. Namun, tahap demi tahap. (put/lis)

Baca juga:  Layanan Monggo Lapor Tampung Keluhan Warga Kota Magelang, Begini Cara Pelaporannya

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya